Selasa, 01 Januari 2019

Amboina


Kota Ambon berada di Pulau Ambon, Maluku, Indonesia Timur. Dua jam tiga puluh menit dengan pesawat terbang dari Juanda, Surabaya. Berhari-hari dengan kapal Pelni dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

Agustus 2017 saya berlabuh untuk pertama kalinya di Ambon, transit satu malam dari Ternate sebelum melanjutkan perjalanan dengan kapal Pelni ke pelabuhan Tual (Pulau Kei Kecil). Saya naik bus Damri ke pusat kota dari bandara Pattimura. Kesempatan ke-2 adalah dengan kapal Pelni dari Banda Neira ke pelabuhan Ambon, menyaksikan teluk Ambon yang kusam dengan sampah mengambang, Alfred Russel Wallace pasti menangis. 

Kesempatan ke-3 adalah bersama rombongan musisi, kurator musik, organiser musik, dan jurnalis musik (swadaya) menikmati kota Ambon bulan Maret 2018 dalam rangka Konferensi Musik Indonesia yang pertama.

Warga kota Ambon umumnya berbahasa Ambon Melayu atau Melayu Ambon, membuat saya merasa tidak asing. Banyak tempat yang berkesan selama saya berkunjung di Ambon ditambah senyuman manis warga. Berikut adalah rekomendasi saya: 

  1. Pasar Ikan Arumbai 
Pasar yang berada di tepi pantai Mardika di pusat kota Ambon ini mulai bergerak dari matahari terbit sampai tenggelam. Berbagai ikan laut bermacam ukuran dijual, selalu ramai pembeli. Menikmati udara laut di pantai Mardika dan segarnya ikan adalah ucapan selamat datang yang manis di Ambon. Untuk sore selanjutnya bisa ke pantai Natsepa sambil makan rujak buah yang termahsyur. 

  1. Pasar Mardika 
Berada dalam satu kawasan dengan pasar ikan Arumbai, pasar ini aktif dari pagi hingga sore hari. Pasar basah dengan sayur mayur yang mengiurkan, sagu dan rempah-rempah yang membuat terbayang enaknya makan siang nanti. Juga ada rumah kopi untuk bernafas sejenak dari keriuhan pasar. 

Pasar Mardika juga terintegrasi dengan terminal angkot dalam kota dan mini-bus ke luar kota. Juga pelabuhan menyebrang teluk Ambon ke Universitas Pattimura, pilihan moda transportasi yang menarik ketimbang melintasi jembatan Merah Putih.  

  1. Rumah kopi Sariwangi (Jalan Dr. Setiabudi 53-A) 
Banyak pilihan rumah kopi di pusat kota Ambon, saya memilih rumah kopo Sariwangi karena kopi dan kue-kue yang disajikan sedap. Kopi hitam panas yang disaring disajikan dengan susu kental manis (jangan lupa pesan kurang manis) dinikmati dengan kue labu. 

Pilihan rumah kopi lainnya adalah rumah kopi Joas di Jalan Sam Ratulangi yang bersebelah dengan Lorong Arab (kampung Arab di Ambon). Sang pemilik kedai, pak Joas, menyajikan kopi saring dengan taburan biji kopi. Kopi terbaik menurut saya di Ambon. Kopi dari pulau Seram yang disajikan, dipilih dan disangrai sendiri oleh pak Joas. Pagi-pagi minum kopi hitam dengan pisang goreng sambil melihat atap kapal yang berlabuh di pelabuhan Ambon. Sempatkan untuk berjalan di Lorong Arab, bertemu dengan warga Ambon keturunan Yaman yang banyak berdagang kayu. 

Malam hari bisa ke rumah kopi Sibu-sibu (Jalan Said Perintah 47A) dan memilih kopi rempah dengan potongan buah kenari bernama kopi rarobang. Tak lupa beragam kue-kue legit dan sukun goreng yang memukau. 

  1. Café Paronama (Jalan Christina Martha Tiahahu 88)
Sore hari adalah saat yang manis untuk duduk santai di café Panorama yang menyajikan pemandangan kota Ambon dari atas bukit. Pesan kopi panas dan siap untuk makan ikan kuah kuning.  

  1. Warung Nasi Supira 
Rumah makan legendaris yang menandakan Ambon sebagai kota pelabuhan. Para perantau dari kota Semarang ini menyajikan nasi lauk yang ramah dengan lidah lokal. 

  1. Nasi Kuning Begadang
Makan tengah malam nasi kuning di sekitar Tugu Trikora. 

  1. Negeri Tulehu  
Salah satu hal yang menyenangkan di kota Ambon adalah angkutan umum tersedia ke seluruh negeri (kampung) di kota Ambon dan sekitarnya. Kita bisa naik angkot dari terminal pasar Mardika tujuan Tulehu. Turun di pasar Tulehu dan berjalan keliling kampung. Jika waktunya tepat bisa nonton sepak bola karena kampung ini dikenal sebagai penghasil para pemain sepak bola. 

  1. Benteng Amsterdam
Naik angkot dari terminal Mardika dengan tujuan negeri Hila, memakan perjalanan lebih dari 1 jam ditemani pemandangan pantai yang amboi. 
Benteng Amsterdam pernah menjadi rumah bagi naturalis Jerman, Georg Everhard Rumphius yang meneliti flora dan fauna di pulau Ambon. (Bisa berkunjung ke Perpustakaan Rumphius di kompleks Pastoran Paroki Santo Franciscus Xaverius di kota Ambon). Selepas menjelajahi Benteng Amsterdam, kita berjalan kaki di negeri Hila dan berkunjung ke Gereja Imanuel. 

  1. Buah Kenari 
Makan kenari segar. Saya menjumpai banyak pohon kenari saat berjalan kaki di Pulau Banda Besar, tapi baru punya kesempatan untuk makan kenari segar di Ambon. Dengan mudah kita akan menemukan perempuan2 berdagang buah kenari dan buah-buahan lainnya di pojok-pojok jalan tempat keramaian. Rasanya lembut bagai kelapa muda tapi teksturnya lebih padat, sangat nikmat. 

  1. Lapangan Merdeka (Jalan Slamet Riyadi)
Berolahraga di Lapangan Merdeka adalah hal sehari-hari anak muda Ambon. Pakai sepatu larimu, ayo berkeringat.

  1. Paparisa Ambon Bergerak (Jalan Diponegoro, Lorong Sagu 58)
Aktivitas seni & kreatif, anak muda Ambon ada di tangan mereka. Tanya ke mereka apa ada pertunjukan musik dalam waktu dekat, hey ini kota musik. Ikuti akun instagram mereka; @ambonbergerak 

  1. Museum Siwalima
Lokasi museum ini di atas bukit yang menghadap teluk Ambon. Mempunyai koleksi peninggalan kerajaan-kerajaan di Maluku. Selepas menikmati museum bisa minum kopi dan makan pisang dan sukun goreng di Agniya (Jalan Dr. Malaihollo 8) yang lokasinya berdekatan dengan museum.

  1. Pulau Haruku 
Saat saya naik perahu cepat ke Masohi (Pulau Seram) ternyata saya melewati Pulau Haruka, pulau terdekat dari Ambon. One day trip ke Pulau Haruku menjadi pilihan yang paling mungkin. 


  1. Belanja oleh-oleh di Gracia (Jalan Dr. Setiabudi 21). Kesukaan semua orang: roti kenari, serut kenari, dan keju kenari. Tersedia juga minyak kayu putih. 

2 komentar:

  1. Aish banyak sekali tujuannya, itu dalam waktu berapa hari bisa menjelajahi semuanya?
    Butuh budget berapa untuk datangi semuanya tuh ...
    #luarbiasa

    BalasHapus
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus