Senin, 01 Januari 2018

2017 & 2018



2017

“Ini masuk angin, saya kerok ya”, kata Ibu Mina, ahli pijat di kelurahan Tukang Kayu, Banyuwangi, di hari Natal.

Saya menurut saja karena badan ini terasa sangat letih. Sejak tahun 2016, saya rutin bepergian jauh dan berjalan kaki di Surabaya. Terlebih sepanjang tahun 2017, ngelencer dari ujung Barat Indonesia hingga Kepulauan Maluku, bolak-balik ke Malaysia, keliling Asia Tenggara, dan hampir sebulan di China. Energi dan uang terkuras habis. Masih untung cuma sakit pegal-pegal dan masuk angin. Masih untung masih hidup.

Selain menyelesaikan 2 artikel untuk Whiteboard Journal, saya menyusun 5000 lebih kata untuk sebuah tulisan non-fiksi mengenai Malaysia meskipun sang editor tidak puas dengan draft tulisan yang saya kirim.

Akhir tahun berjumpa dengan Dawuk, sebuah kisah ciptaan Mahfud Ikhwan. Dawuk mengingatkan saya dengan Mat Som, meskipun nasib mereka berdeda. Mahfud Ikhwan dekat dengan Malaysia dan Jawa Timur, saya menikmati narasinya. Saya juga baru saja menyelesaikan Rafilus karya Budi Darma. Terima kasih kepada Prinka Saraswati yang merekomendasikan buku ini, senang sekali diajak jalan kaki keliling Surabaya oleh Budi Darma.

Pertigaan berhasil membuat peta pegupon di sepanjang Jalan Kalimas dan bertemu kembali Celcea Tifani yang liburan di Surabaya. Beruntungnya saya, dia memberi tumpangan tempat tinggal, menjadi google map, dan mengajarkan bahasa Mandarin selama saya di China. Celcea juga menyelesaikan peta Surabaya Utara bersama idiscovery, saya bangga.

Saya lebih menghabiskan waktu di luar Surabaya, itu berarti dengan berat hate meninggalkan SATSCo, Surabaya Johnny Walker, Rumah Gemah Ripah, dan Silampukau. Ada harga yang harus dibayar.

Ucapan terima kasih dan hutang budi tak terhingga kepada kawan-kawan Indonesia dan Malaysia yang membantu saya selamat dan bersenang-senang keliling Indonesia dan Malaysia.

Tidak menyangka bisa berkunjung ke Banda Aceh dan bertemu langsung dengan tim BNA Youth Booking: Teuku Fariza, Teuku Farial, Adoy, dan Aden. Saya naik Jeep keliling Banda Aceh bersama mereka. Medan ada Dolly dan Ipan, yang menemani saya menghadapi musibah di Medan. Menanti kesempatan lainnya untuk jalan2 di Padang bersama Verdy. Goceng & Dias memperkenalkan Bandar Lampung dengan manis. Ternate ada Adlun yang berbakti berbagi ilmu dan waktu dengan anak-anak jalanan. Ambon ada Yunita dan Pierre. Manado ada Ferdi & Eko. Palu ada Dika dan Neni yang siap berbagi pengetahuan mengenai Donggala. Palembang ada Ryan Pelor dan Taxlan yang selalu siap bergerak. Agni & Pop yang membuat Lasem wajib dikunjungi. Dimas dan Ardi yang membangun dengan cinta Bersukaria Walk di Semarang dan Roovie yang berbagi ulang tahun dengan saya.

Arif Ramly yang membuka banyak pintu di Malaysia. Aqashah yang selalu menyambut hangat kedatangan saya di KL dan Apek yang rajin berbagi teh dan gosip. Wan dan Choi Tandang Store yang selalu memberi tempat istirahat. Zikri Rahman, teman baik berdiskusi & berjalan kaki di KL. Hasanul & Hoo Fan Cho, dua penjelajah di Penang. Shukor yang bersedia menjemput saya tengah malam di bandara Kuching, Aman dan Farisa yang selalu berbagi kuliner dan semangat di Kuantan.

Terima kasih atas semua ucapan dukungan dan “hati-hati” dari kawan2 Indonesia dan Malaysia. Saya berhutang banyak ke mereka.

“Just be careful. Don’t show ur belonging.”
“Aduhhh, aku tiada di sana. Agar semuanya baik-baik belaka.”
“Hati-hati ya.”
“Safe trip.”



2018
Tahun 2018 akan mulai membuat karya bersama Prinka Saraswati. Saya mungkin akan memilih lebih banyak waktu di Surabaya. Pasuruan dan Banyuwangi untuk Mama dan keluarga besar Soetiadji, menyediakan lebih banyak waktu untuk produksi album ke-2 Silampukau, dan mengikuti kelas yoga. Semoga bisa berkunjung ke Filipina, Taiwan, dan menyaksikan Asian Games 2018 di Palembang. Rasanya satu tahun terlalu pendek untuk menuntaskan keinginan dan kebutuhan.

Pekerjaan yang sudah menanti adalah Folk Music Festival 2018 dan Indonesian Netaudio Festival 2018. Tantangan lebih berat, semoga tim kerja sehat dan berkecukupan sepanjang tahun.

Akan mulai menulis buku di tahun 2018, ide yang tak pernah saya pikirkan karena tulisan saya masih jelek banget (terima kasih para editor yang telah “menyulap” tulisan saya.”). Merasa terhormat saat tiga kawan baik meminta saya untuk menulis panjang, sebuah buku.

“Lo musti bikin buku”
“Kamu nulis buku lah”
“Kamu harus tulis buku, kamu banyak berjalan”



Banyuwangi & Surabaya, 25 Desember 2017 & 1 Januari 2018
Anitha Silvia







6 komentar:

  1. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Teleph☎:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  3. Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    BalasHapus
  4. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  5. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Arya Theresia

    BalasHapus

  6. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus