Rabu, 16 Oktober 2013

Bagus dan Stella

potongan karya Bagus 


Saya mengenal Tubagus Riski Darmawan yang akrab dipanggil Bagus/Tubag saat mengerjakan kompilasi komik AREA 031 pada tahun 2009, lalu kami melanjutkan kerjasama proyek kompilasi komik Anak Ganteng dan Petualangan Anak Cantik. Kerjasama kami yang terbaru adalah merchandise terbujurkaku yang me-remix bungkus mie instan. Stella di Cicilia, komik karya Bagus menjadi favorit saya dan banyak kawan. Saya pun tergugah untuk menginterpiu Bagus karena dia anaknya selalu asjik dalam situasi apapun bahkan saat kebelet boker. 

Seorang Bagus dimata adiknya? 
Saya adalah seorang pahlawan keluarga, membantu siapapun dalam keluarga yg sedang memerlukan bantuan, seperti doraemon dalam film "doraemon di dunia penuh hiburan". Ketika kecil kita sering memakai baju yang sama dan bermain bersama, mandi pun bareng sambil mainan kereta keretaan yang pura pura kena hujan deres. Adil, adik saya juga suka sama karya karya saya, dan biasanya minta dibikinin artwork buat apapun, gak tau sih itu namanya suka atau memanfaatkan, yang penting saya suka ahahahahaha..
Dan yang paling menyenangkan adalah keluarga saya bangga dengan saya dan Tugas Akhir saya, sampe sampe bapak saya minta bukunya buat dipamerin ke temen temennya di bali, uhuyy..

Besar di Denpasar dan Surabaya, ceritakan secara visual dua kota tersebut? 
Hee salah, Kuta Kuta..lebih tepatnya di Penfui.
Di Kuta suasananya ramai, mabuk halal dan penuh dengan dedek dedek luar kota liburan dengan dandanan yang sangat seksi, seperti mereka berlomba lomba untuk jadi yang paling seksi, kalo mata lelah akibat sekolah ada baiknya cuci mata dengan paha dedek dedek di pantai sambil ngebir dan rokokan, dan sesekali menawarkan "transport for free, happy ending".
Surabaya adalah kota dimana saya dan adik adik saya belajar untuk survive, karena orang tua saya tetap di Kuta. Di Surabaya, saya dan adik adik saya diajarkan untuk hidup mandiri dan menanggulangi semua masalah sendiri, seru dan penuh dengan suka duka. Di Surabaya ini juga tempat dimana saya bisa sampai sekarang, dan alhamdulillah bisa dikenal sama orang orang keren di kota kota lain, karena di Bali kan cuma sampe SMP jadi ngeksisnya kurang ahahaha..
Di Surabaya ini juga suasananya adem ayem, santai lah gak setegang Jakarta dan gak sesantai Bali.

Sebagai lulusan DKV ITS, bagaimana hubungan design grafis dengan seni?
Wah pertanyaan yg berat nih, salah jawab bisa diprotes banyak orang nanti, ahahahaha...
Kalo menurut saya sih hubungannya adalah desain grafis memerlukan dan berhubungan erat dengan seni, tapi seni gak memerlukan dan gak bergubungan dengan desain grafis, intinya sih seni salah satu elemen dari desain grafis tapi desain grafis bukan salah satu elemen dari seni. Dan seni dibuat karena sang seniman pingin aja bikin, kalo desain kan dibikin karena ada orang yang minta dibikinin. Ya kalo saya sih gitu..bentar tak baca lagi siapa tau ada yg salah ketik, hmmmm..
Oke deh sip..ahahahaha..

Siapa saja yang menjadi referensi berkesenianmu?
Hmmm..ini juga susah nih, saya ini tipe orang yang susah kalo nginget nginet nama orang dan lupa kalo liat suatu karya siapa yang bikin. Jadi kalo saya sih bapak saya, soalnya yang ngajarin gambar dari kecil ya bapak, sampe sampe saya sering menang lomba gambar pas kecil. Yang paling oke saya pernah jadi juara entah nasional atau apa tapi ngambil pialanya di Dufan diliat orang banyak, tapi pas diminta maju ke depan ngambil piala malah adek saya yang maju, soalnya saya takut maju ke depan, ahahahahhaaa...(serius lho ini). Dan gak lupa juga keluarga dan teman teman saya yang karyanya keren keren.

Media yang kamu sering gunakan adalah komik, kenapa komik?
Sebenernya udah lumayan banyak media yg saya pakai sih, tapi komik yang paling cepet dan dananya dikit buat berkarya, dan gak peduli tempat, dimanapun bisa dibikin. Mau sambil eek, pacaran, atau sambil diculik pun bisa. Coba misalnya saya bikin karya video? Masa pas diculik saya bilang "pak penculik, bawa sekalian komputer sama tablet pen saya ya". 

Apa komik pertamamu dan komikmu yang paling ingin kamu bagikan ke dunia?
Komik pertama itu komik pas saya masih TK, saya pernah bikin komik tentang keluarga saya, tapi gambarnya barengan sama adek adek saya..yang paling inget sih ceritanya tentang mbok saya yang lagi eek tapi eeknya panjang terus eeknya gak masuk ke wc..ahahaha..
Komik yang pingin saya bagikan ke dunia ya komik tentang Stella sama si Sircus. Terus mau bikin komik tentang cerita diri saya sendiri bersama keluarga dan lingkungan, kalo bisa yang ini dijadiin film bioskop tapi saya sendiri yang meranin, biar impian ibu saya yang pingin anaknya jadi aktor tercapai..ahahahaha...

Komikmu kebanyakan adalah refleksi dari kehidupan anak muda sehari-hari di kota besar, apakah benar? 
Loh komik yg mana? Jangan jangan kamu salah wawancara orang tin, ahahahahaha...
Iya iya saya memang mengangkat topik itu soalnya seru buat di-eksplore dan yang baca pasti seneng soalnya mereka banget.

Komik mu yang paling mendapat perhatian adalah Stella di Cicilia, idenya gimana tuh?
Idenya pertama sih gara gara liat cewe pake jilbab besar besar terus di-eksplore deh pas ketemu anak anak di kampus. Jelasinnya tak lanjutin di pertanyaan selanjutnya aja ya ahahahahaha...

Kenapa komik terakhir Stella tidak lucu, malah serius, begitu kejamnya kah dunia?
Nah ini dia, dunia kejam..masyarakat gak adil dalam menilai seseorang. Sebenarnya ini ide pertama ketika saya bikin Stella. Ceritanya gini, masyarakat secara tidak adil menilai orang tatoan piercingan dan dandanan yang acak acakan itu sebagai orang yang jahat, seenaknya, bajingan, gak sopan, dll lah tanpa mengenal lebih jauh isi hatinya. Begitu juga sebaliknya, yang dandanannya rapi, religius dibilang baik, sopan, dll. Dan itu sudah tertanam dalam benak masyarahat endonesia..fuck..
Kan kasian mereka yang dandanannya kacau tapi hatinya baik..fuck you, fuck fuck fuck..
Terus gimana kalo dibalik?
Akhirnya saya bikin deh, Stella dengan dandanan religius tapi berhati dan bermental jahat. Dan saya sering dikira orang yang gak bener sama orang yang baru liat pertama kali. Tapi setelah kalian mengenal saya, apakah saya jahat?
Ayo dijawab bareng bareng..ahahahahaaa...

Bagaimana dengan teknik/medium lainnya, apakah kamu juga mempelajarinya?
Saya juga mempelajari banyak teknik dan medium, tapi saya lebih tertantang dengan mempelajari berbagai ide dalam berkarya, seperti yang saya buat di pameran "Tommorow's Party : Tribute to The Velvet Underground" dan KMDGI 9 di Solo, saya nyebutnya lubang intip, dimana kardus dilubangi untuk ngintip dan didalemnya dibikin suasana yang mencekam dengan main cahaya dan itu cukup menarik perhatian..ehehehehe..dan yang terakhir bikin mie instan terbujurkaku.

Bagaimana aktivitas berkesenianmu di Surabaya (Ruang 109 & Milisi Fotocopy)?
Saya sangat senang sekali, dari ruang 109 dan milisi fotocopy karya karya saya banyak yang tau dan dihargai, terima kasih untuk mereka semua.

Bagaimana suasana berkesenian di Surabaya?
Kalo menurut saya untuk saat ini cukup banyak yang berkesenian, tapi kurang liar sih menurut saya, walau ada yang sudah liar dari dulu, tapi masi banyak yang kurang liar aja sepertinya. Ini menurut saya lho ya. Dan harusnya kita (surabaya) bisa ikut meramaikan jalur berkesenian di Indonesia.

Kamu juga main musik, bagaimana hubungan seni visual dengan seni musik? 
Sangat erat ya, soalnya kan musik didenger, kalo visual diliat. Biar orang orang tau kita suka band yang itu kita bisa pake kaos atau merch-nya band itu dong. Terus musik bisa dibuat dari visual yang ada, begitu juga sebaliknya. Dan saya suka kalo ada yang nawarin saya buat gambarin bandnya..ayo ayo siapa yang mau?

Bagaimana pendapat teman/orang yang tidak kamu kenal saat membaca komikmu?
Guoblok gus // cok opo iki? // wah, ati ati dicari ormas kamu gus // nah, ya ini bener gus, aku yo pernah kaya gini // mas, ini artinya apa sih? // ah, gak ngeti..apa aku terlalu serius ya bacanya? // terbitin yg banyak gus // ahahahahhaa // mana nih lanjutannya? // gus, tak sebar ya? // wow this is amazing, altought i don't understand about the language, but i like your lines // 
Yang keinget cuma itu aja sih,ahahaha

Apa yang ingin kamu kerjakan/impikan?
Saya pingin menguasai dunia dengan karya saya dan clothing saya "turd", sekalian promosi.
Saya pingin nikah dan punya anak yang lucu..hidup tenang tanpa penagih hutang dan tanpa tawaran MLM.

Project selanjutnya?
Saya mau membangunkan kembali kompilasi fenomenal "komik anak ganteng dan anak cantik". Kali ini saya akan merangkul semua anak anak surabaya, dari pemain gundu profesional sampai ketua partai. Tunggu saja tanggal mainnya, iya gak tin?

@bagusarapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar