Rabu, 20 Maret 2013

bukan Workshop Zine biasanya



Saya mengikuti workshop Zine di Ruang MES 56 bersama Danielle Hakim (Dani)--seniman muda dari Melbourne yang tengah menjalani residensi seni di Ruang MES 56. Tentang MES 56 adalah sebuah kolektif artist yang terbentuk pada 28 Februari 2002, aktif dalam bidang fotografi kontemporer, sementara Ruang MES 56 menjalankan sejumlah program seperti pameran, residensi, workshop, dan pengarsipan. MES 56 adalah pengalaman pertama saya mengenal seni (kontemporer) di Yogyakarta, puji-pujian untuk mereka. Dani sempat berkenalan dengan Kathleen jadi sudah tahu soal C2O Library dan ZIne//Picnic yang kami gelar. 

Workshop digelar 3 hari dengan 3 tema yang berbeda, hari pertama Photo Zine, hari kedua Mixed Media, hari ketiga Collaborative Zines. Dani mengirimkan detil persiapan untuk peserta, saya kaget membacanya, Dani sangat detil memberikan petunjuk, saya yang sudah sejumlah kali mengikuti workshop Zine di sejumlah kota di Jawa tidak pernah mendapatkan email persiapan seperti ini : 

Hi,
Thank you for registering for the ZINE WORKSHOP ^_^

Please confirm what days you will be attending (if you have not already) as there is an option to select if you cannot join all 3 days.



ATTENTION ALL PARTICIPANTS

At the end of the workshop I will take all the master copies of the zines to be photocopied. I am to have the copies done on the day but depending on how busy photocopy shop is you may have to collect your work at a later date.
Unfortunatley participants from the Sunday workshop cannot collect work till Monday as the photocopy shop is shut!

Copying is free of charge.

PLEASE NOTE: due to budget photocopying will be restricted to black and white only.  Keep this in mind when choosing the images you will use in your zine high contrast tends to reproduce better.
You will receive the orignal master copy of your zine and I will copy one for you and one for the zine library that will be in my final exhibition at MES 56.


Plain white A4 paper will be supplied.


PLEASE BRING
Pens, pencils, photos, magazines any materials that you want to use to make your zine.

Scissors and Glue (some will be supplied but if you want to be more efficient bring your own!).

Zines will be stapled if you want to stitch your zine to bind it you are welcome to but keep in mind you will need to supply your own material.

I also wanted to remind you that the zines from the workshop will be in the exhibition at MES 56 on the 20th of March and that on the opening night will be freely copied by the public.


1st March
PHOTO ZINES

The Idea of this workshop is to make a zine out of your photos
Have a think about a theme or a series of work that you could make into a zine.
You can make as many or as little zines as you like so it may be a good idea to bring a few series of work and make a few different zines!

Bring any photos you like it would be best if you brought your photos already printed
however there is also an option to print at the workshop but please remember that technology is often unreliable and you might want to bring some backup material if your photos are on flash disk or CD please make sure if bringing files that they are in JPEG format. Also keep in mind that there is space for 20 participants so if everyone is printing you may only have time for making one zine!

You don’t have to use your own photos you can appropriate if you like or you can ask your friends to contribute some photos into a themed zine with you do what ever you like.
There are lots of ways of constructing zines so have a think about this.
You can cut and paste (literally with scissors and glue) or if you have a laptop you are welcome to bring that and do a zine on photoshop or illustrator with your digital files and print it afterwards.

Here are some links to some photo zines:

colour printing

black and white printing


using found photographs


Interesting layout


2nd March
MIXED MEDIA

The Idea of this workshop is to make a mixed media zine- writing, drawing , photography anything you like.

Bring, pencils, paint, magazines, coloured paper, sewing materials- like I said anything!
Again bring any photos you like it would be best if you brought your photos already printed (see the explanation in the photo zine section)

Maybe you can make a photo zine with text or draw on your photos or do sewing on your zine.

Here are some links to mixed media zines:


collage

3rd March
COLLABORATION
The Idea of this workshop is to work in a group with other participants.
You can draw on some ones photos or make a story or a comic for someones artwork or make collages together.
Bring any materials you like!

See you at the workshop.
Dani :)

Membaca email ini jadinya malah deg-deg-an karena berasa harus mempersiapkan diri, tapi seru juga sih melihat link yang Dani rekomendasikan. Sebelum keberangkatan ke Yogyakarta saya mempersiapkan peralatan, foto yang sudah dicetak, dan sejumlah majalah. Hari pertama workshop, bersepeda menuju Ruang Mes 56 yang berada di Kampung Minggiran no 61a, cukup dekat dengan tempat tinggal saya di Prawirotaman. Dolly dan Wimo sedang berdiri santai di depan pagar yang bercat kuning, menyapa mereka berdua, melewati sejumlah karya fotografi oleh Yaya Sung yang sedang digelar di galeri, menuju lantai atas, ini pertama kalinya saya bertandang ke rumah baru MES 56, senyaman rumah mereka yang lama di Nagan Lor. Seto menyambut saya dengan sejumlah pertanyaan mengenai kondisi terakhir Surabaya, lalu berkenalan dengan Dani, sudah ada sejumlah peserta yang mulai menggunting dan menempel, berkenalan dengan peserta lainnya, workshop hari pertama dimulai. 

Terpukau dengan jejeran peralatan untuk membuat zine yang ditata rapih di atas meja kayu yang lebar. Sejumlah zine templates, gunting, lem, tipe-ex, isolasi, spidol, pensil warna, kertas hvs, kertas warna, ditata rapih oleh Dani, gini mah jadinya gak tega berantakin, abis make balikin lagi di posisi semula. Di tembok tertempel kertas bertuliskan petunjuk membuat Photo Zine :


Photo Zine Workshop
Step 1 : Add your name, address, phone number & email
Step 2 : Have a look at some zines & zine templates & decide on what kind of zine you will make
Step 3 : Choose the photos you want in your zine & put them it needed
Step 4 : Assemble your zine
Step 5 : Get a bulldog clip (binder clip) and attach it to secure your zine, make sure you include your name. Put your finished zine into blue folder
Step 6 : We will photo copy your zine & return it to you. Double checks your details are registered on the attendance street
Step 7 : Come to MES56 on the 20th March to see your zine in the exhibition!

Dani gak secara langsung memberikan arahan membuat Zine, kami tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertuliskan, jadi deh Photo Zine nya! Cara ini efektif buat workshop dengan peserta yang tidak datang tepat waktu, karena selama workshop, peserta terus berdatangan, jadi Dani gak perlu mengulang petunjuknya, peserta tinggal baca aja. Dani juga menyiapkan referensi banyak zine yang ia fotokopi dari Indra Menus dan juga koleksinya Wok The Rock. Ruang MES 56 juga menyediakan komputer, printer, scanner, dan wi-fi untuk peserta yang mau ngeprint imaji dari Internet. Minum dan makanan ringan juga tersedia, Dani memutar playlist-nya yang kebanyakan adalah band2 cewek lawas, betah gini berlama-lama bikin zine, bisa istirahat juga di balkon menghirup udara sore. Ada juga angkringan di depan, jadi tinggal lompat aja untuk mendapatkan segelas besar teh legi-panas-kental seharga 1000rupiah. Saya dapat ilmu dari peserta lain, kami saling bertukar ide untuk photo Zine yang kami kerjakan, misalnya saya dapat ilmu untuk menempatkan imaji di tengah halaman, sebagai sentral, kemudian baru teks dsb. 

Hari pertama tidak banyak yang menyelesaikan Photo Zine-nya, hanya saya yang selesai, jam 9 malam para peserta mulai meninggalkan MES 56, menghabiskan sisa malam mengobrol dengan Dani. Ternyata Dani belum pernah membuat Zine, pastinya saya terkejut, belum pernah bikin ZIne tapi bikin workshop Zine yang ok ginih, Dani menikmati sejumlah Zine karya teman-temannya, dan di Melbourne tidak ada workshop Zine, jika pun ada workshop ada biayanya (dan biasanya mahal). Dani terkesima dengan banyaknya workshop di Yogyakarta dengan tema yang bagus dan gratis, ini tidak terjadi di Melbourne. Dani juga melihat kebiasaan fotokopi yang kuat di Yogyakarta, sedangkan di Melbourne sangat rentan dengan isu copyright. Personel MES 56 juga dekat dengan dunia ZIne karena mereka juga membuat Zine, jadi Dani memilih untuk membuat workshop Zine dan akan memamerkan sebagai hasil residensinya di MES 56. Lalu saya pulang ke kostan.

Hari kedua workshop, saya datang telat karena mengikuti sosialisasi Bienalle Yogyakarta di Societet. Di Yogyakarta dalam satu hari terdapat sejumlah acara menarik yang digelar bersamaan, kota ini sangat hidup. Sejumlah peserta sedang membuat karya mixed media, seru ramai suasananya, saya pun langsung mengambil materi yang sudah terpikirkan yaitu peta. Saya akan membuat Zine dari peta Jawa Timur, dengan menempelkan imaji dan teks sejumlah destinasi kesukaan saya di Jawa Timur. Peserta lain membuat Zine resep makanan dan banyak yang bikin Zine dengan teknik cut and paste, kami betah membuat ZIne hingga tengah malam. Dolly bercerita dia meninggalkan kuliah selama 4 tahun gara-gara Zine, dia dan anak-anak MES 56 membuat newsletter MES 56 dan mengembara ke kota lain untuk barter Zine, masa yang penuh semangat, membuat Zine dan barter adalah sebuah semangat yang manis, saya pun terharu mendengar cerita Dolly. Kami membahas bagaimana Internet memberikan perubahan yang signifikan atas skena Zine di Indonesia, tapi webzine dan ZIne fisik adalah dua hal yang berbeda, masing masing mempunyai semangat yang berbeda. Lewat tengah malam saya bersepeda pulang ke kostan.

Hari ketiga workshop, saya datang bersama Rangga, Eka, dan Gisa, kami datang terlambat karena menghadiri pembukaan pameran Familiar Faces di Lirshop. Tiba di Ruang MES 56 sudah ada Menus dan sejumlah peserta lainnya, tema hari ini adalah Collaborative Zines. Kami membaca petunjuk yang Dani tuliskan : 

Collaborative Zine Workshop
1 : add your name, address, phone number & email to registration sheet
2 : make a group with 2 or 3 people to work on a collaborative zine
3 : as a group have a look at some zines & zine templates. decide on what size zine you want to make
4 : decide what kind of zine you will make, will you all work  individually or one theme then combine the results or will you work together finishing each others drawings etc
5 : choose your materials. print photos it you want, use the materials in the box that says "use me". help yourself to the materials on the table. Assemble your zine.
6 : put your finished zine into the blue folder that says "finished zines here" . Don't forget your name. 

Gisa dan Eka berkolaborasi membuat Zine tentang "Meleter" yang adalah suara dari Itik, Rangga membuat Zine tentang lagu-lagu kesukaannya, saya membuat Zine tentang peraturan tertulis yang ada di kostan, semua peserta yang ngekost saya ajak untuk mengkontribusikan peraturan di kostannya. Dina membuat ZIne tentang tanya jawab dengan kalangan seniman, sangat lucu meskipun aneh! Dani membuat ZIne bertajuk "leftover" jadi dia menempelkan bekas guntingan kertas yang kami hasilkan, jadinya keren! Dani juga membuat Zine berkolaborasi dengan semua peserta, menggambar sosok tubuh, jadinya lucu. Masing-masing kami telah menyelesaikan Zine kolaboratif, menaruhnya di folder biru bertuliskan "Finished Zines Here", lalu Gisa mengajarkan kami ber-origami, kami melipat membuat burung. Sekitar jam 10 malam, peserta bubar dengan senyum karena telah membuat Zine yang beragam bentuk dan isinya. Saya tinggal mengobrol dengan Dani sampai tengah malam, terinspirasi untuk membuat workshop Zine di Surabaya, setelah itu kami pulang bersepeda bersama, sambil mendengarkan rencana Dani yang akan ke Gunung Semeru bersama saudara kembarnya. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar