Kamis, 27 Desember 2012

ramai ramai di c2o library




Rabu, 9 Agustus 2012

Wah jam 7 pagi, akhir akhir ini jam tidur saya panjang, buru buru gosok gigi dan berangkat ke Pasar Karang Menjangan membeli keripik keripik buat meeting ayorek nanti malam. Jam 8 tiba di kost, sarapan roti dan teh, memasak bihun telur untuk makan siang nanti. Jam 9 mandi dan cuci piring bekas masak, berpakaian celana jeans dan kaos tipis lengan panjang kesukaan saya, memakai sepatu kanvas dan segera berjalan kaki ke c2o library.  Mampir ke toko plastik di Pasar Keputran, membeli kardus untuk konsumsi acara besok. Kembali berjalan kaki di trotoar Jalan Raya Darmo yang sepi pejalan kaki, malah hanya saya. 

Tiba di c2o library, Yuli sudah siap bertugas, saya memakai sepeda lipat c2o library ke supermarket terdekat, Giant, membeli kurma dan kue untuk acara besok. Sejam berbelanja lalu bersepeda kembali ke Cipto, Yuli bilang ada pengunjung dari Malang, saya langsung menengok ke dalam, wah ternyata Nova Ruth. Nova datang bersama sang koki Legipait : Nini. Nova habis mengurus visa Belanda, dia akan tur lagi. Nova baru mengenal saya (yah iyalah lah dia kan artist) jadi saya memperkenalkan diri dan menceritakan pengalaman melihat dia tampil di Ilmu Festival, JNM, juga memberikan testimoni untuk Legipait yang menyenangkan, dan bertukar cerita mengenai Yogyakarta--kota yang sering kami kunjungi. Oh iyah Legipait tiap hari Kamis tutup jadi mereka berdua bisa bepergian. 

Siang tetap panas, saya mengajak Nova dan rekannya untuk berkunjung ke ORE. Dengan semangat kami bertiga berjalan kaki ke Jalan Untung Suropati, menembus kerumunan kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Dr Soetomo, dan 10 menit kemudian tiba dengan selamat di Jalan Untung Suropati 83. Pemilik ORE--Alek dan Dewi--tidak ada di tempat, kami masuk melihat melihat koleksi ORE yang memang apik, lanjut ke Carpenter Kitch--kafe terbaru mereka, tapi sedang tutup jadi kami tidak mencicipi menu yang ditampilkan di papan tulis berpigura. Halaman belakang ORE tambah sejuk dan nyaman dengan berbagai tumbuhan dalam pot, saya yakin Carpenter Kitch menjadi tempat nongkrong yang asjik dengan harga makanan minuman yang tidak mahal. Hasil observasi kami menyenangkan dan kembali berjalan kaki ke c2o library. 

Siang masih tetap panas meskipun sudah menuju jam 3, Nova dan rekannya pamit untuk mencari makan siang. Kat dan Andreiw menyusul datang, agenda kami jam 3 sore meeting dengan IFI, dengan mobil kami menerima kemacetan di Jalan Dinoyo, yah nih jalan kasian banget udah gak kuat nahan kendaraan bermotor yang berjubelan, salah satunya kami. 15 menit kami kemudian kami berkumpul di mediatheque IFI, Khrisna menyambut kedatangan kami, Baptiste berhalangan datang, begitu juga dengan undangan lainnya, jadi kami hanya rapat berempat membahas rencana pameran fotografi November nanti, c2o library, Manic Street Walkers, ayorek, WAFT, Matanesia bergabung dalam proyek ini, rapat  berakhir sejam kemudian. Kami bertiga lanjut melihat lokasi pameran : auditorium, dan kaget nih tempat kagak bisa dibuat pameran foto meskipun karyanya yang dipamerkan format digital, yah ribet jadinya, berharap IFI memberikan pilihan venue lainnya. 

Kami lanjut ke Perpustakaan Bank Indonesia di Jalan Taman Mayangkara yang baru diresmikan 15 Juli 2012 lalu. Tengah berlangsung peluncuran antologi cerpen "Surabaya Whatever Love, Surabaya ...Apapun, Pokoke Cinta" karya Adnan Buchori dkk di teras bangunan kolonial yang memukau. Dipandu oleh Evie Suryani dari Perpustakaan Kota Surabaya yang dengan ramah nan hebohnya menyambut kami, yah dia juga memang orang yang ramah. Antologi cerpen ini adalah hasil asistensi Yayasan CENDOL--komunitas penulis. Saya baca cerpen pertama yang mengisahkan hubungan asmara via twitter dengan isu bonek, yah saya tidak tertarik, tapi harus baca semuanya kalo mau komentar. Kami sampai magrib disana, nemenin Andreiw buka puasa, lumayan makan kolak kacang ijo. 

Kembali ke c2o library, malam ini ada jadwal meeting ayorek. Mirna, Rendy, Jimmy & Ayu, Bayu, Erlin bergabung membahas rencana penelitian ayorek yaitu memetakan komunitas dan ruang berbagai, diputuskan saya akan handle untuk komunitas, Mirna handle ruang berbagi, Kathleen handle tulisan buat buku. Proyek akan dimulai bulan September dan berlangsung selama 4 bulan, kabar baiknya adalah Dede Oetomo berminat menjadi mentor kami, yay! Sekitar jam 10 malam meeting berakhir dan dilanjutkan membahas kerjaan masing masing. Saya menebeng Ari pulang ke kost dengan sepeda motornya, hari ini ramai di c2o library.

13 Agustus 2012 
Charlie Melahirkan 3 Bayi

yuli : tinta, charlie udah beranak, anaknya 3 lucu2 anaknya
me : wuahh aku melewatkan proses kelahirannya..ini aku lg perjalanan pulang ke surabaya..segera menyusul ke c2o..

jam 10 lewat banyak, kereta api Penataran baru tiba di Stasiun Gubeng, perjalanan yang melelahkan dari Blitar dan Malang, hanya bisa tidur sebentar. Jam 11 siang sampai kost langsung mandi dan cabut ke c2o library, ingin segera melihat Charlie dan bayinya. Siang ini panas, terasa lebih panas karena semalaman saya kedinginan di Blitar dan Malang. Yuli segera menemani saya ke ruang kerja dimana Charlie melahirkan jam 3 tadi pagi, wuahhh ada 3 bayi kucing yang lucu sedang menghisap puting susu Charlie. Charlie melahirkan di kotak kardus ditemani Kat, Andreiw, dan Arie, serta lagu lagunya Beth Gibbons di albumnya Out of Season. Berita bahagia ini juga di-share via email oleh Andriew ke cecunguks :

"persalinan berjalan dengan lancar di rumah buku dan bunda bersalin Cipto20. dalam proses jam-menit ke detiknya, sang ibu ditemani dan didukung langsung oleh keluarga terdekatnya. puji tuhan alhamdulillah, ini ramadhan berkah"

di email, kami cecunguks kegirangan kedatangan keluarga baru yang pasti akan memeriahkan perpustakaan. Ajeng yang bersama saya di ruang kerja, juga gemas memperhatikan tingkah 3 bayi kucing yang berebutan puting susu Charlie, ada satu bayi yang cukup bermalas malasan, semoga dia baik baik saja. Ajeng sedang tegang karena besok dia kan sidang thesis, padahal saya yakin dia mampu melewati sidang, Ajeng pun segera cabut ke kampus mempersiapkan presentasi thesis-nya. Jam 2 siang, dokter hewan yang direkomendasikan Ari datang, namanya Dokter Difit, dia langsung memeriksa Charlie, memasukkan termometer ke duburnya Charlie dan hasilnya : suhu badan normal, diperiksa juga badannya, Charlie dan 3 bayinya dinyatakan sehat dan normal. Charlie diberi suntikan vitamin alias kalsium untuk memberikan kekuatan setelah melahirkan, mata sayu dan pucat Charlie dinyatakan sebagai akibat kelelahan melewati proses persalinan. Dokter Difit memberikan saran untuk mengganti makanan Charlie menjadi makanan kitten karena mengandung banyak protein dan memberikan kalsium selama 10 hari pertama setelah persalinan.

Dokter Difit telah menunaikan tugasnya dan meninggalkan kami, tidak lama Kat dan Erlin datang, kami kembali heboh membicarakan berita bahagia ini, kelahiran 3 bayi yang menggemaskan. Ari dan Andreiw menyusul belakangan, menengok    
sang ibu dan bayi bayi. Sore menutup diri, Ari dan Andreiw cabut meeting, saya lanjut menulis diari, mem-posting foto Charlie dan bayinya di berbagai sosial media, Kat dan Erlin lanjut mengerjakan proyek ChimpChomp. Menghabiskan sisa sisa makanan dari piknik Sabtu lalu, dan mendapatkan tambahan sop tomat dari Yuli sebagai makan malam. Vivin datang menjenguk Charlie dan 3 bayinya. Hari santai santai saya di c2o library ditutup dengan koordinasi Design It Yourself. 

Selasa, 14 Agustus 2012
Klab Karaoke

Jam 10, saya baru bangun, gosok gigi lalu ke Pasar Gubeng, berharap warung warung masih buka, beruntung masih menemukan roti coklat favorit dan sawi putih untuk makan sore, dan kembali ke kost. Menghabiskan roti coklat dan teh panas dalam sekejap lalu membaca terjemahan teks lisensi Creative Commons, wuahh susah juga bacanya. Sore sudah keburu datang, mulai memasak pasta sawi putih, sudah berasa lapar. Begitu matang langsung dimakan panas panas hehe enak. Mandi dan berangkat ke c2o library saat jalanan Surabaya dilindas ribuan kendaraan bermotor, jam 5 sore. Ditemani para pengendara sepeda motor saat berjalan kaki di trotoar Jalan Raya Darmo, berbagi ruang yang bukan bagian mereka. 

c2o library tutup karena hari ini adalah hari Selasa, saya dan Carlos bersamaan tiba di depan pagar putih yang terkunci, ternyata Kat dan Andreiw belum hadir, yah hari ini cecunguks berkumpul untuk menikmati malam perpisahan dengan Ari Kurniawan sesuai dengan email yang dilayangkan oleh ketua panitia perpisahan, Andreiw Budiman kemarin:

Sungguh berkah bulan ini kabar gembira datang bertubi-tubi
Semuanya... terkait dengan keberangkatan om ari sekolah master dejeyn2 di ITB, tentunya adalah kabar baik dan mengharu biru disaat yg bersamaan

Saya mewakili dewan kumite *karate mas kumite* POAKKB (Pelepasan Om Ari Kurniawan Ke Bandung), 
memberitahukan jadual kita berkumpul bersama di bilik suara yg bertempat di: Happy Puppy jl Dr Soetomo (yg bergelimangan cahaya neon di malam hari) adapun waktu dipastikan diatas waktu berbuka

Demi keselarasan dan kekompakan orbit semesta ada baiknya kita berkumpul dahulu di perpustakaan cipto pukul 5 sore.
Tentunya sembari menanti waktu pemungutan suara kita bisa menjenguk sang ibu muda baru dan anak-anaknya.
Salam-sampai besok

PS: 
acara ini gratis tak dipungut biaya *trimakasih kepada pendanaan dari yayasan POAKKB  
demi tertib-lancar pelaksanaan di bilik suara, harap para peserta menyiapkan daftar lagu dari kediaman masing-masing

Kat dan Andreiw menyusul datang, Ari Kurniawan sang bintang malam ini akhirnya datang dan kami segera meluncur berjalan kaki ke Happy Puppies jam 7 malam. Yah sebenernya lebih hemat kalo kita karaoke-an di Happy Kittens alias di c2o library hehehhe. Erlin dan Deasy join dengan klub karaoke malam ini, Ajeng yang absen karena sibuk pasca-sidang thesis-nya, selamat untuk Ajeng yang sukses menyajikan hasil penelitiannya di Sampang Madura. Dan klab karaoke dimulai dengan catatan Kathleen Azali masih mengerjakan booklet Design It Yourself sambil karaokean (hehhe hidupnya selalu multitasking). Mulai dari Asep Irama sampai Tuti Wibowo, mulai dari Beach Boys sampai One Direction, dan bintang klab karaoke malam ini adalah Deasy Easterina yang dengan lihainya membawakan gerak-lagu dangdut. Oline bergabung di jam terakhir klab karaoke, dan kami pun kecapaian bernyanyi 3 jam plus plus dan pulang dengan hati gembira, tidak lupa foto bersama, mungkin ini foto bersama kami yang pertama kali, maklum banyak cecunguk yang enggan difoto heheh dan klub karaoke pun berakhir.

Saya, Kat, Arie, dan Andreiw berjalan kaki kembali ke Happy Kittens : c2o library, melihat pertumbuhan 3 bayi Charlie yang menakjubkan. Sebagai penutup malam perpisahan, Ari menunjukkan lembaran yang berisi pohon keluarganya, dia keturunan Majapahit, wew. Andreiw memilih untuk bermalam di c2o library menemani Charlie dan bayi bayinya, sisanya kembali ke kandang masing masing, sampai jumpa di Bandung paman Ari :D

  

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar