Jumat, 13 April 2012

nasi pecel tuan BG

kamis, 12 April 2012

sebagai salah satu bukti ketertinggalan saya dalam dunia per-cult-an, siang tadi baru menemukan http://jajalableculinary.blogspot.com/ penemuan tersebut terjadi setelah saya terhubung kembali dengan rega ayundya putri--salah satu kontributor dalam blog tersebut. membaca banyak postingan mereka terutama tulisannya adyth disasterhead, isha hening, dan rega yang bikin saya nangis terharu ngakak, buset ini review kuliner yang paling asjik! saya pun tergoda ikutan bikin review kuliner! karena malam ini cukup emosional (yah setiap saat sebenernya saya emosional) saya memutuskan untuk makan (demi menghemat saya jarang banget makan malam, saya juga gak merasa lapar). saya berjalan kaki pulang dari c2o library dan tiba di alfamart depan kampus b airlangga pukul 22.50, sayang pecel langganan saya belum keliatan pucuk hidungnya, hehe emang sih dia baru buka jam 11-an, malah awalnya buka setelah jam 12 malam setelah apotik di sebelah alfamart tutup. mungkin karena tuntutan pelanggan, tuan BG--pengusaha nasi pecel--membuka lapaknya lebih awal, dia bergeser 5 meter ke kiri, menduduki halaman toko kelontong yang sudah tutup sejak jam 9 malam. saya tetap tenang (kan dari tadi emosian) setidaknya makan es krim magnum beli di alfamart sebagai supper. es krim magnum berasa mengecil sejak kemunculan pertama, tapi tetep enak, ya udah saya makan es krim sambil jalan kaki pulang ke kost. eh ternyata tuan BG baru tiba, sedang parkir gerobak motornya di halaman toko, saya pun semangat menyapa, dan siap menjadi pelaris hehhehe.


kenapa nasi pecel?

sepanjang hidup saya di pulau jawa, makanan andalan adalah nasi pecel, karedok, dan gado-gado, yah karena murah, enak, dan sehat (inget ya murah no 1 dan saya adalah sok locto-ovo vegetarian). pedagang kaki lima favorit saya yang berjaja di daerah kostan adalah nasi pecel madiun, bakmi jawa (bakmi dengan banyak tauge), dan nasi pecel ponorogo--usahanya tuan BG. kalo merasa lapar saat malam (ingat saya jarang makan malam) yang paling sering saya pilih adalah pecel madiun, kalo merasa lapar diatas jam 12 malam (biasanya pas begadang waktu jaman masih jadi kelas pekerja, begadang mengerjakan projek senang-senang tapi susah) nasi pecel ponorogo jadi pilihan, kalo bakmi jawa biasanya kalo lagi kangen saja.


nasi pecel tuan BG

sambil menunggu tuan BG selesai mempersiapkan warung dadakannya, saya menyantap lahap es krim magnum sambil membaca kata pengantar buku virus setan yang merupakan fragmen pemikiran slamet abdul sjukur, tiba-tiba (yah gak tiba-tiba emang sudah jalannya) ada yang manggil saya : tinta! saya menoleh, ternyata phleg dengan sepeda motor dan arum melewati saya, saya hanya sempat mengangguk karena phleg tidak berhenti padahal saya memang lagi butuh ngobrol sama phleg bahas indonesian netlabel union fest, tapi yah pastinya dia gak akan berhenti, lebih baik menghabiskan waktu dengan arum ketimbang sama saya (ya iyalah arum kan pacarnya!) tuh kan saya emosian! es krim magnum secara kilat habis, sementara satu halaman virus setan belum selesai, fokus ke es krim! es krim tandas, pesanan saya siap disantap! saya pilih nasi pecel dengan tahu dan tempe goreng yang tingkat ketebalannya seperti kesabaran saya--tipis banget. pastinya dengan tambahan peyek kacang, nasi pecel siap disantap!

pecel ponorogo ala tuan BG memakai sayuran tauge, kangkung, dan kembang turi yang direbus, sambal kacangnya cukup pedas, sebenernya rasa pecelnya biasa saja, peyek kacangnya atos, tapi diselamatkan oleh nasi putih yang hangat dan nyaman! bahas dikit soal nasi pecel (yah sebenernya saya hanya tahu sedikit soal nasi pecel), nasi pecel di jawa timur itu beragam banget, ada nasi pecel kediri, nasi pecel madiun, nasi pecel gunung kawi, nasi pecel rawon (nasi pecel yang dikasih kuah rawon), nasi pecel blitar (kesukaan saya, saya kasih 2 jempol), dan nasi pecel di tiap kabupaten/kota di jawa timur itu berbeda dari rasa sambal kacangnya sampai komposisi sayur-mayurnya. nasi pecel ala tuan BG habis tak bersisa dalam satu putaran lagu cherrybell yang sering saya dengar tapi saya gak tau judulnya, tuan BG memasang radio sebagai pemanis suasana, yah manis lah daripada dengerin suara knalpot para pemuda yang sering trek-trekan di jalan darmawangsa. setelah membayar tagihan sebesar 4000 rupiah (saya gak pake minum, selalu siap bawa air putih di dalam botol *irit*) dan mengobrol sejenak dengan tuan BG, saya pun melenggang kekenyangan ke kost, mendambakan minum teh hijau segera! dan pipis (kebelet banget!)

karena gak ada foto nasi pecel-nya, review kuliner ini gak sah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar