Kamis, 02 Februari 2012

the curious incident of the dog in the night-time



judul : the curious incident of the dog in the night-time
penulis : mark haddon
penerbit : vintage, 2004

"i like dogs. you always know what a dog is thinking. it has four moods. happy, sad, cross, and concentrating. also, dogs are faithful and they do not tell lies because they cannot talk."

itu kata2 christopher boon, anak berusia 15 tahun dengan kebutuhan khusus, dia dan sang ayah tinggal di swindon, christopher jago matematika, suka anjing, bercita-cita jadi astronot, suka dengan jadwal, punya ingatan yang kuat, tidak suka dengan warna kuning dan coklat, dan selalu membawa pisau lipat swiss army untuk menjaganya dari serangan orang asing.

christopher menemukan wellington, anjing tetangganya mati terbunuh, ditusuk dengan garpu kebun. dia berusaha melakukan penyelidikan dan berniat mencari tahu siapa pembunuh sang anjing. christopher atas saran sang guru, mendokumentasikan kisah penyelidikannya dalam bentuk buku, dia membuat semacam buku suspense karena dia mengidolakan sherlock holmes. penyelidikannya membawanya sampai ke misteri lainnya : perselingkungan sang ibu dan sang ayah adalah sang pembunuh wellington! bagian seru lainnya adalah perjalanan pertama christopher ke london!

novel yang sangat menarik--meskipun dikategorikan dalam fiksi anak2--karena mark haddon menulis dari sudut pandang christopher, anak dengan autis yang pastinya sering mengalami tempertantrum saat dia berada dalam keramaian dan saat merasa tidak merasa nyaman. banyak sekali pendapat christopher mengenai dunia (manusia) yang sederhana tapi logis!

"and that is why i am good at chess and maths and logic, because most people are almost blind and they don't see most things and there is lots of spare capacity in their heads and it is filled with things which aren't connected and are silly, like 'i'm worried that i might have left the gas cooker on.'.''

Tidak ada komentar:

Posting Komentar