Rabu, 25 Januari 2012


judul : dulu aku tikus! atau sepatu merah
penulis : philip pullman
penerbit : gramedia pustaka utama, 2007


"dulu aku tikus!" diucapkan roger berulang-ulang, roger tiba2 muncul di depan pintu rumah bob dan joan--sepasang suami istri yang tidak memiliki anak. dengan sukacita mereka merawat roger seperti anak mereka sendiri meskipun roger suka menggerogoti apapun--maklum dia kan dulu tikus!

"aku tidak tahu. kurasa aku lupa, tapi aku tidak yakin. jika aku ingat bahwa aku lupa, aku tahu aku lupa, tapi mungkin aku akan lupa tanpa mengingatnya."

roger lupa bagaimana dan kapan dia berubah menjadi anak laki-laki. keunikannya membawanya pergi dari kehangatan bon dan joan, roger menjadi tontonan di pasar malam, anggota komplotan pencuri, bahkan monster gorong2. bob dan joan akhirnya menemukan jejak roger dari koran lokal yang isi beritanya murahan: daily scourge. sang editor daily scouge menyatakan bahwa jenis berita yang terbaik adalah yang terus dibicarakan, diberi bumbu baru tiap hari, dan bisa dimengerti dengan mudah bahkan oleh orang tolol yang membaca terburu-buru. halaman depan daily scouge menjadi bagian favorit saya, heheh berita sampah.

ternyata roger adalah seekor tikus yang disihir oleh seorang peri menjadi pelayan kereta kuda untuk mengantarkan mary jane ke pesta dansa kerajaan. hahah ini adalah sub-cerita dari kisah cinderella, philip pullman mengagumkan!

saya baru membaca 2 buku philip pullman, buku yang ini dan "jack si pelompat", saya terkesan dengan gaya berceritanya yang sederhana namun menyinggung isu sosial dan politik, sangat bagus dikonsumsi oleh anak2, saya akan berusaha mencari karya philip pullman yang paling populer: golden compas--buku pertama dari trilogi HIS DARK MATERIALS (the golden compas, the subtle knife, the amber spyglass).

untuk pecinta roald dahl, anda juga akan jatuh cinta dengan philip pullman.

2 komentar:

  1. oh aku juga suka skali buku ini!!

    BalasHapus
  2. ahh nitchii..punya golden compas gak? pinjem donk ..

    BalasHapus