Kamis, 18 Agustus 2011

surat terbuka untuk aldiman sinaga

surabaya, 19 agustus 2011

hay aldiman sinaga!

saya mencontek salah satu bagian di bagi-bagi, zine buatan dirimu, bagian dimana dikau men-share-kan pengalaman barter-nya dengan zine maker lainnya. saya juga pengen share pengalaman barter saya dengan dikau! barter dengan aldiman sinaga adalah pengalaman yang paling deg2an karena pertama kalinya barter keluar pulau jawa yaitu pulau kalimantan, tepatnya kota pontianak, biasa disingkat PTK. kenapa saya pengen barter sama dirimu, karena kau bikin personal zine yang bertajuk bagi-bagi (meskipun kau menolak disebut sebagai personal zine). yayaw saya selalu penasaran dengan personal zine karena lebih egois, lebih semaunya, lebih gak peduli, lebih emosi, lebih aneh lah.

saya kirim paket duluan karena saya yang minta barter. saya kirim halimun *1-3, newsletter c2o library bulan juli&agustus 2011, komik area031, kompilasi anak ganteng 1&2, kompilasi komik petualangan anak cantik, dan cerulean vol.2.

dan dirimu membalasnya dengan paket amplop coklat besar padat berisi, aye! paling seneng adalah dikau membalas surat saya, pake tulisan tangan juga, hahha sukak banget sama yang ginian, surat2an pake tulisan tangan, kerasa banget kayak ngomong langsung sama dirimu. dalam surat, dikau menjelaskan suasana setelah menerima paket, menceritakan sekilas kegiatannya ber-zine ria, menjelaskan isi paket, dan responnya atas halimun dan c2o library, juga kondisi saat detik2 terakhir mau kirim paket ke kantor pos. nah giliran saya memamerkan isi paket dari dirimu yang banyak banget dan semuanya adalah karya2 anak2 PTK!

bagi-bagi
nih zine yang buat aldiman sinaga, namanya masokkk banget, bagi-bagi! saya dikasih 3 terbitan, 2 terbitan pertama berukuran a4, terbitan terakhir ukuran a5. terbitan pertama dan keduan memukau dengan potongan artikel koran, review album kaus kutang dan kebunku, sharing pengalaman trade dengan agung for tomorrow, ming, donald, tomy. iklan provider dan detergen jadi iklan andalan zine bagi-bagi. review film cin(T)a dan potongan artikel dan gambar dari majalah bobo, sangat nikmat! terbitan ke-3 lebih sederhana tapi mungkin lebih "dalem", menyajikan tulisan2 sebagai respon atas lingkungan sekitarnya, juga ada review film italian job! isu yang lumayan digeber terus yaitu "jangan cuma pasang gaya make t-shirt band, ayo beli rilisan!"
rebelicbagibagi.blogspot.com
revivalpropaganda@gmail.com

revival newsrockletter
fanzine berbentuk booklet berwarna ukuran a6 dibuat sama aldiman sinaga bersama beberapa temannya, udah nyampe 12 edisi, tapi katanya cuma 2 eidisi yang dicetak, sisanya versi pdf. saya dikasih yang edisi ke 2, covernya revival bukan artwork tengkorak karena si aldiman selalu mempertanyakan cover zine yang berbau tengkorak. revival menyajikan interview dengan band lokal, reportasi gig di kota Bengkawang (nama kota yang sangat menarik), panggung suka2 TVRI tampaknya jadi venue andalan.

the power of minggu
nah ini saya sukak karena zine yang dibuat rame2 (sekitar 13 orang) dalam satu waktu, spontan gituh, dan lagi2 bagian si aldiman sinaga yang jadi favorit saya, dia menuliskan rasa bencinya kepada seorang cewek yang berseragam, kata benci ditulis berulang2, saya cukup bertanya2 kenapa nih si aldiman marah2 gak jelas sama tuh cewek, ternyata aldiman kasih penjelasan kenapa dia benci sama tuh cewek, alasan yang sangat sangat sangat saya setuju, tuh cewek buang tissue disembarang tempat! kebetulan banget kemarin gw meledak marah2 dalam hati karena ngeliat dari kejauhan seorang cewek membuang kertas bukti transaksi atm di sembarang tempat, padahal jelas2 ada tempat sampah di dalam atm! tuh cewek gak punya hati banget sih buang sampah sembarangan!

ai suka susumu
buset nama zine nya udah bikin gatel kan, isinya sejumlah komik dan cerita pendek yang bikin ngakak kegaringan! nih zine yang bikin 4 anak namanya bayu, gilang, cahya, dan dwi. saya dapat edisi perdana!
cek blognya http://aisukasusumu.blogspot.com

nevermind
saya dikasih edisi ke-2 terbitan tahun 2006, sangat menikmati membaca tiap kolomnya, saya cukup penasaran dengan scene underground di luar pulau jawa, dan pontianak cukup bergerak. dari nevermind saya tahu tentang tugu khatulistiwa, untan--kampus yang sering bikin acara, taman budaya juga ada di pontianak, dan solaria sebagai restoran fave anak2 PTK. band lokal yang jadi favorit adalah sukarame, the sinner, secerah kelabu.
contact person : albi giom 081345221638

numotherfucker
saya dikasih yang edisi ke-2, meskipun gambar sampulnya cukup tidak menarik (gambar karakter semacam dragon ball) tapi isinya lumayan dengan interview band lokal favorit secerah kelabu dan parkinson serta beberapa artikel pencerahan.

berani gelap
nah ini tipe zine kesukaan saya, kumpulan artwork, tulisan, komik, seperti majemuk zine dan tugitu. saya dikasih edisi ke-4.

pretty power
maaf, ini satu2 kiriman dikau yang tidak saya sukai, kenapa? karena ini berbau feminisme, meskipun saya seorang wanita tapi saya tidak menyukai tulisan2, seruan2, gambar2, idiom2 yang menyatakan perjuangan kaum perempuan untuk kesetaraan hak atau apapun lah, saya lebih suka ke perjuangan untuk semuanya, semua manusia semua hewan semua tumbuhan semua gender semua usia! hehe saya malah emosi!

bulletsinmyhead
gak pernah bosen baca artikel2 mengenai kampanye2 ramah lingkungan, bulletsinmyhead menyajikan 2 artikel yaitu bahaya sampah plastik dan pentingnya mematikan lampu saat tidur malam hari. yang bikin namanya donny, no hp nya 085245614425

sukarame
wuahh bersyukur banget saya dapat rilisan ini! nama band yang unik dan memorable, saya sih nebak diambil dari salah satu wilayah di pontianak, gang sukarame (hehhe bener gak?). album perdana yang berjudul epileuge bergenre rock alternatif, mungkin biar nyamannya saya kategorikan grunge aja yaw...saya semangat sekali mendengarkan sukarame, dengan judul2 lagu yang aduhai seperti burung yang eek dan masturbasi, teleng teleng, burit, klamzinia, dan aclemehe! packing nya juga oke, cover sleeve pake kardus bekas yang disablon artwork sukarame, dalemnya selain cd ada selembar kertas a4 yang menyajikan lirik dan personel sukarame dalam komik, juga ada interview goblok-goblokan X). sukarame didistribusikan oleh PTK distribution yang dijalankan oleh aldiman sinaga.
http://www.myspace.com/sukarame
http://www.sukarame.co.cc

untuk aldiman sinaga, selamat merencanakan liburan lebaran! bagi-bagi yah kisah liburannya!

-anithasilvia






Tidak ada komentar:

Posting Komentar