Senin, 18 Juli 2011

TRANCEFORMER




TRANCEFORMER
pameran drawing dan komik karya SERUNI JASMINE RAIAMALIKA

16-31 juli 2011 (11.00-21.00 selasa tutup)

c2o library, jl dr cipto 20 surabaya


salah satu higlight dalam festival EAT PLAY LAUGH yang diadakan oleh c2o library selama bulan juli 2011 adalah TRANCEFORMER, pameran tunggal SERUNI JASMINE RAIAMALIKA yang baru saja jadi murid kelas 1 sd. "makelar" pameran ini adalah andriew budiman yang didukung penuh oleh ramok lantoro (ayah jasmine) dan ike herdiana (bunda jasmine). tajuk pameran yang dipilih adalah plesetan dari salah satu film yang menginspirasi karya2 jasmine, transformer, kata trans diganti dengan trance karena jasmine jika sedang menggambar seperti orang yang trance, kesurupan, spontan membuat garis2, selalu tidak kekurangan inspirasi, dan hasilnya pun sangat menarik! pameran dibuka hari sabtu jam 5 sore, dimulai dengan sambutan dari pemilik "galeri" kathleen azali, lalu "makelar" pameran andreiw budiman, kemudian sang ayah ramok lantoro yang juga adalah dosen dkv its sekaligus metalhead. yang paling lucu, sang artist jasmine, dengan tampang baru bangun tidur (yeah beneran dia barusan bangun tidur) dan memakai kaos berwarna hijau bertuliskan huruf j melontarkan beberapa kalimat pendek mengenai karyanya. para pengunjung pun bertepuk tangan dan langsung memasuki perpustakaan dan menikmati karya2 jasmine.

karya yang ditampilkan adalah drawing dengan menggunakan pensil, spidol, dan crayon. gambar2 dengan judul2 yang tidak tertebak, seperti optimus pingsan, meteor lari, dikira akan mati, kodok di malam hari, tebak namanya, makan sampai cemong, menembak&menghitung! jasmine juga membuat banyak komik yang sangat lucu nan absurb seperti super-stampman (kisah superhero dengan perangko sebagai senjatanya), toys story 5 (kisah woody and the gang di rumah bonnie), membuat film (kisah jasmine membuat film dengan batman sebagai tokoh utama), pr anak indonesia kelas 4 (tugas sekolah seperti lks, anjir nih komik paling absurb). komik lainnya dari judulnya ajah udah menggugah selera seperti cibuya, piano ajaib, anak baik & mama jahat. kadang2 di halaman belakang komik ada iklan seperti komik2 yang dijual di toko buku. memang seperti meniru, tapi yang diambilnya jadi lucu, misalnya judul toys story 5, toys story 44, toys story 55, tapi jadinya sangat menarik, para tokoh datang dan pergi serta bermain seenaknya, juga pemilihan penanda waktu, 70 jam kemudian, 1000123000712300010 hari kemudian X)

saya sempat melihat jasmine berkarya menyelesaikan salah satu komik yang akan dipamerkan, dia dengan nyantai tanpa beban terus menggambar dan merangkai cerita meskipun cerita yang dibuatnya tidak dimengerti oleh orang dewasa. isi pikiran anak kecil kadang2 melampaui pikiran orang dewasa. saya sangat menyukai karya2 jasmine, terutama komik2 nya, sangat apa adanya, terinspirasi dari film2 yang ditontonnya, interaksi dengan ayah-bunda nya, hal2 sehari2 yang ditemuinya di sekolah, semuanya jadi sangat menarik dan lucu!

kunjungi http://serunijasmine.tumblr.com/

*foto koleksi ramok lantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar