Senin, 27 Juni 2011

open house ivaa




sabtu, 25 juni 2011

sekali lagi saya nekad keluar kota, badan gak fit karena
sangat kurang tidur dan duit pas2an. saya naik bis ekonomi ac tarif biasa mira, bis ekonomi fave saya karena space tempat duduk lega, ac dingin, supir santun tidak seperti bis ekonomi sumber kencono! bis berangkat jam 11 malam dari bungurasih, lumayan saya tidur, tapi jam 1 pagi saya terbangun karena mendengar suara seorang ibu muda, dia ribet menggendong bayinya karena tidak dapat tempat duduk, hampir semua penumpang terlelap, saya langsung ngasih tempat duduk saya, berat sih karena saya pengen tidur, bukan saya baik hati ngasih tempat duduk, tapi kalo saya ngak ngasih tempat duduk, saya pasti ngak bisa tidur mikirin tuh bayi. untung dua jam kemudian saya dapat tempat duduk pengganti, saya lanjut tidur. jam 6 pagi bis tiba di giwangan.

udara di yogyakarta pagi itu dingin banget, saya naik minibis ke daerah parangtritis, mau ke kost-nya sandy. saya membangunkan sandy untuk membukakan pintu, dia membiarkan saya untuk terserah mau ngapain, dia lanjut tidur, hehe dasar saya tamu gak tau diri bertamu pagi2. saya tidur sebentar, mandi, minum susu, jam 9 saya pamit ke sandy yang masih tidur, jam 10 saya janjian ketemu deasy di malioboro.

deasy berangkat dari rumahnya di ambarawa, naik sepeda motor ke yogyakarta, hehe berani juga dia. karena deasy gak bawa helm buat saya, akhirnya kita rental sepeda angin di losmen lucy langganan saya, jl sosrowijayan, harga rental per hari 20ribu, kami dapat sepeda polygon yang ada keranjangnya, jadi oke buat naruh tas kita. saatnya bersepeda di kota yogyakarta! baru kali ini naik sepeda di pusat kota, kendaraan bermotor cukup ramai, saya jadi lumayan takut, deasy mah asjik2 aja. kami bersepeda menuju selatan.

pertama kami ke mes56, sepi hanya terlihat chepas, dia menggonggong melihat kami, membuat wimo bangun untuk melihat "tamu", lanjut seorang artist yang sedang residensi di mes56 juga terbangun, hehe kami tamu tak diundang.melepas lelah dengan minum air putih di beranda mes56, ngobrol2 sama wimo, bang wok lagi ngak ada. kebetulan wimo mau ke surabaya besok, dia pameran di emitan, saya ngajakin untuk berkunjung ke c2o library. anang mampir ke mes, hehe syukur dia masih tersenyum menyapa saya, meskipun ada tragedi tempat ibadah yahudi. oh iyah, joy--anaknya chepas--hilang, sayang banget, padahal ia jauh lebih ramah dan berani ketimbang chepas!

kedua, kami ke cemeti art house, tengah berlangsung pameran karya seniman residensi, di ruang muka ada 2 artist amerika serikat, pertama adalah sissi westerberg, seniman patung yang membuat patung kayu berbentuk sulur tumbuhan dan dipasangkan di selangkangan seorang wanita muda kemudian direspon menjadi 2 karya fotografi yang menakjubkan! kedua adalah daniel peltz, seniman konseptual yang "merusak" motif batik parang dengan laporan investasi, haha aneh banget! di ruang utama digelar pameran hotwave #2 oleh 2 perupa, wibowo adi utama dari yogyakarta yang membuat karya tiga dimensi yang mempertanyakan lambang negara indonesia : burung garuda, karya fave saya adalah instalasi balok kayu seperti pasung kaki yang berukir tulisan bhineka tunggal ika. artist lainnya adalah david pedroza berkewarganegaraan belanda, dia membuat instalasi tuhan yesus disalib, kritik terhadap agama katolik.

ketiga, kami mampir ke kedai kebun tapi pameran telah berakhir, bertemu dengan petugas galeri, lupa saya namanya, dia pernah ke c2o. dia memberikan arah jalan ke ivaa. kami lanjut bersepeda ke ivaa yang baru saja pindah ke tempat baru tapi masih di daerah selatan.

keempat, kami mampir ke warung di jl ireda, makan siang lotek, enak tapi kami kepedasan, rere telepon dia sudah tiba di ivaa, kami makan cepat dan lanjut bersepeda ke ivaa, cukup nyempil juga gang masuk ivaa, akhirnya kami sampai! ivaa menempati bangunan model open space dengan didominasi bata merah dan kayu yang memang baru dibangun, arsitektur minimalis dan nyaman, ada sumur di tengah bangunan, haha old school! koleksi buku ada di lantai dasar, koleksi audio di lantai 1, ruang kantor dibatasi oleh kaca bening besar dengan tulisan ivaa : bangun sejarah baru (tagline ivaa), ada juga mini amphiteather sebagai spot diskusi, screening, dan pertunjukkan, kamar mandi nya pun asjik, tempat yang menyenangkan dan tidak panas karena ventilasi banyak!

senangnya ketemu rere dan melihat perutnya membuncit karena hamil 4 bulan, dia cantik dan sehat, kami mengobrol sebentar karena rere harus kembali ke kantor. jam 1an, ican harem datang, selalu seru jika bertemu ican, dia memberikan katalog pameran terakhirnya di melbourne. acara terakhir open house ivaa pun dimulai dengan marathon artist talk, pertama oleh ican harem, moderator tony volunteero, baru kali ini saya melihat wajah toni. acara berlangsung santai, ican mempresentasikan karya2 nya berupa drawing, instalasi, dan video. dia juga sharing tentang residensinya di perth dan melbourne, sayang oka tidak ada dia lagi kerja di jakarta. saya menyukai karya ican, dia menggabungkan artwork black metal dengan islam, dia juga performer yang sangat menghibur dengan kostum dan perilaku yang ajaib saat di panggung! ican orang yang humoris, tapi tiap kali tatap muka ngobrol berdua sama dia, hanya ada kesedihan yang muncul di muka ican dalam pembicaraan singkat kami.

presentasi kedua oleh kersan art studio oleh leni ratnasari, sang founder, saya belum pernah ke kersan art studio yang berada di daerah bantul. tapi memang jarang ada pameran disana, mungkin karena formatnya adalah bukan galeri dan kersan juga bukan suatu yayasan (berbadan hukum). dengan manis, leni menjelaskan kegiatan kersan dan perjuangannya untuk mendapatkan funding (karena kersan tidak berbadan hukum maka tidak bisa mendapatkan funding) untuk melakukan proyek internasional. yang terakhir berpameran di kersan adalah indrani ashe (rani). di kersan memang sangat mengutamakan seniman wanita untuk berpameran tapi leni bilang malah sedikit sekali seniwati yang apply ke kersan art studio. deasy duluan balik ke ambarawa, haha deasy teman jalan yang asjik, kapan2 aku ajakin dia ke yk lagi!

presentasi ketiga oleh punkasila, hahha dari awal sampai akhir saya ketawa menikmati presentasi mereka yang diwakili oleh hanhan, moki, dan terra bajagrosa. sebagai pembuka, terra mempersembahkan video untuk ivaa, sangat menarik! selanjutnya mereka menyajikan foto2 pameran mereka di kuba dan australia, yang utama adalah video perjalanan mereka di havana, kuba! punkasila adalah band indonesia pertama yang bermain di kuba! tapi jadinya konyol banget, mereka ditipu oleh pemuda lokal, main di tengah tebing, dan kejadian2 unik lainnya. haha anjir saya dan para audience ketawa menyaksikan kisah mereka di kuba. sayang saya melewatkan tahun2 dimana punkasila masih sering tampil di yogyakarta! juga diputar video music dari punkasila berjudul SBY yang dibuat oleh chika (istrinya terra), sangat konyol! juga ada sesi tanya jawab, hhehe kebanyakan menanyakan keseriusan anak2 punkasila dalam berkarya karena mereka mengambil isu yang sensistif (politik). wimo dan terra menjawab bahwa mereka hanya bersenang2 dalam berkarya dan hanya mengingatkan kembali kepada publik mengenai orde baru, mereka tetap bermain aman!

tony menyimpulkan artist talk hari itu bahwa jaringan sangat penting karena pemerintah indonesia tidak mendukung kegiatan berkesenian dan salut untuk para seniman yang berhasil mengemas isu nasional dan membawa isu tersebut ke dunia internasional. open house ivaa ditutup dengan minum bir dingin gratis sambil mendengarkan playlist oleh uma gumma, hanhan, dan ican, asjik banget ditambah melihat dokumentasi foto kegiatan berkesenian di yogyakarta, ada rere pas jadi vokalis demi tuhan! jam 7 malam saya pamit pulang ke moki, anang, wimo, agung, rani, dan farah. sayang gak sempet kenalan sama uma gumma.

bersepeda setelah minum bir sangat tidak saya sarankan, saya memang amatiran, jadinya gak konsentrasi karena cukup pusing ditambah rasa ngantuk yang emang udah menggelayuti saya sejak pagi. akhirnya sampai dengan selamat ke honf, cukup ramai disana, ada ira, cimot, dan beberapa tamu dari eropa. mereka baru aja pulang dari pantai klakah. tapi salah satu tamu kehilangan macbook, ipod, dan hp saat tidur siang di honf. anak2 honf menyayangkan saya tidak bisa hadir di cell button juli besok, karena acaranya sangat menarik! tidak berlama2 di honf, saya pamit, balikin sepeda pinjaman ke malioboro. saat di jalan saya baru sadar kalo yang pake kaos biru yang bertanya tentang video:wrk itu ade, saya tidak mengenalinya sama sekali, selain karena jarang ketemu fisik. dia juga potong rambut dan kumis! oh iyah, rangga sms mengabarkan dia menuju ivaa, sayang banget gak ketemu dia, saya udah buru2 mau balik ke surabaya.

nyampe di stasiun lempunyangan jam 9 malam, kereta ekonomi gayabaru malam diperkirakan tiba jam 10 malam, saya duduk sambil memejamkan mata, ngantuk banget, tiba2 saya terbangun dan melihat kereta ekonomi sudah ada di jalurnya. saya langsung bertanya ke petugas itu kereta apa, ternyata itu kereta yang mau saya tumpangi, saya buru2 naik, anjir untung saya bangun kalo gak saya ketinggalan kereta dan duit saya kurang kalo harus naik bis! jam 10 lewat kereta melanjutkan perjalanan ke surabaya, tiba di stasiun gubeng jam 4 pagi. saya janji ke diri saya bahwa saya tidak akan keluar kota jika kondisi tubuh yang tidak fit dan duit pas2an. saya bisa mati dalam perjalanan!

*foto koleksi ivaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar