Sabtu, 25 Juni 2011

diary of video:wrk#02

selasa, 21 juni 2011
saya lembur, melewatkan pembukaan pameran video:wrk#02. pauline bersama slamet abdoel sjukur menjemput saya di kantor, setiba di cccl, sudah ada kat, andre, dan bayu disana, pengunjung pun cukup ramai, kami sama2 masuk venue, saya diberi minuman selamat datang "arak beras" oleh bagus. saat masuk galeri, phleg langsung membimbing saya ke layar yang men-display videonya. karya phleg bertajuk "star wars", dia emang suka banget sama star wars, dia bikin video yang ngambil beberapa scene film star wars trus di-glitch, hehhe asjik karyanya! saya lanjut masuk ke ruang salle france, ada vj culture disana, dan opet aka subsidiary sedang tampil, saya lanjut ke kebun belakang, tengah berlangsung electro:wrk#03, papa onta cult sedang set terakhir, berlin! set berganti ke terbujurkaku, anak2 dan saya udah siap menyambut kembalinya phleg, turut senang phleg sudah sembuh, phleg dan arum sama2 tambah cubby, lucu liatnya.

suasana riuh ricuh saat phleg tampil, phleg sendiri yang paling gila, lompat sana-sini, naik meja, dan berorasi mengenai scene elektronik di surabaya, phleg gilakk! ini adalah penampilan terbujurkaku yang paling gilakk! set berpindah ke bimasakti (yogie dan novan), dubstep membuat suasana tetap panas, phleg sampai buka baju celana, akhirnya dia nari2 pake celana dalam saja, gilakk! kali ini anak2 pol2an tampil, saya pun bangga! oh iyah, saya bertemu mika dan emil yang datang dari malang, ketemu sinta maharani juga, udah lama gak ketemu mereka. setelah applestereo tampil, acid washed--duo dj bintang tamu dari prancis, menguasai panggung, tapi saya kurang menikmati musik mereka. saya memilih kembali ke galeri, menikmati video karya yoyo, batman, doni, novielisa, helmi, ito, eko ende, sayang gak ada headset, tapi lumayan denger audionya karena di galeri sudah tidak terlalu banyak orang.

saya kembali ke salle france, duduk santai menikmati sadness&madness, aldo dan pinkan memainkan playlist fave mereka beserta video klip-nya. video:wrk#02 lebih rapih daripada 2 tahun lalu, tapi saya malah suka yang pertama, bergaya jalanan heheh.

rabu, 22 juni 2011
cabut jam 5 dari kantor, ke cccl, niatnya mau ngelanjutin menikmati video2, tapi gak jadi karena di salle france masih berlangsung diskusi mengenai infrastruktur seni oleh benny wicaksono, ade darmawan, dengan syam sebagai moderator. saya ikut dengerin diskusi, eh si benny malah "memaksa" saya berkomentar/bertanya, jadinya saya malah ngomong ngaco, maaf ya anak2 waft. abis diskusi saya, anak2 waft, dan kinetik lanjut ke profira, sebuah klinik kecantikan kulit, ade dan benny menjadi narasumber dalam diskusi rutin mengenai seni media baru. kita semua heran kenapa venue di klinik kecantikan, ternyata pemilik profira adalah seorang kolektor seni.

begitu masuk, kami disambut hidangan penuh daging, kebetulan anak2 belum pada makan malam. narasumber selain benny dan ade adalah wiyu wiyono--seorang kolektor video art. benny yang pertama presentasi, sebagai artist berlabel new media art, dia menyajikan website waft dan festival video surabaya video:wrk. selanjutnya ade yang presentasi bagaikan kuliah umum mengenai video art, penjelasan singkat mengenai definisi video art dan perkembangannya di indonesia, serta project ok video. seorang audience yang pastinya seorang perupa mengajukan interupsi ke ade karena presentasi yang disajikan melulu teks, bagianya sangat membosankan, dia mengharapkan visual2 yang memanjakan mata, abis itu dia meninggalkan tempat duduknya, wuekk males banget. ade memberikan penjelasan mengenai video art karena target diskusi ini adalah para kolektor video art, ade berharap para kolektor punya pengetahuan yang cukup mengenai video art, dan video art sangat berbeda dengan "barang" seni lainnya karena bersifat intangible dan bisa digandakan sama persis dengan aslinya. ade juga membocorkan sedikit tentang project ok video yang ke 5 : flesh, sebuah presentasi audio-visual mengenai identitas, bulan oktober 2011. selanjutnya adalah wiyu wiyono, doi memamerkan koleksi video art nya seperti karya anggun priambodo yang ditampilkan dalam ok video ke 3 (dia beli seharga 20juta), wimo ambala bayang-once upon in china, tromarama (dia beli 4 juta per edisi ada 10 edisi), ming wong, melati suryodarmo - butter dance. dengan semangat, wiyu menjelaskan tentang passion-nya sebagai kolektor video art, dia juga berusaha untuk memahami apa itu video art dan berharap seniman tidak underestimate kepada pasar karena pasar tidak selalu negatif. kegiatan konsumsi bukan dosa (ini tambahan dari saya heheh). diskusi berakhir jam 9 lewat, kami ke aiola, saling melontarkan kelucuan2 anak2 ruru sampai tengah malam.
kamis, 23 juni 2011
jam 6 sore nyampe cccl, disana ada anak2 kinetik, juve dan kremi, saya menikmati video2 sekitar 2 jam, soalnya galeri tutup jam 8. karya yang asjik punya yudha mahardhika dengan setting india sepertinya, dia ngambil gambar orang2 yang nyebrang sungai dengan 2 sisi, satu sisi b/w sis lain berwarna, adythia utama kasih judul videonya 2013 hehe kiamat ala individual distortion, eko ende ngasih judul adore2000, ini bikin saya ketawa, seorang penonton pertunjukkan panggung naik keatas panggung dan menari kejang padahal musiknya dangdut, lucu banget! yang oke juga adalah karya fibri shabirin - kamar kecil, video tentang keadaan kereta api ekonomi di malam hari, tidur bersama behimpit-himpitan dalam gerbong kereta ditemani suara2 orang2 jualan.

jumat, 24 juni 2011
saya sampai di cccl jam 8, anak2 udah selese beresin pameran, anak2 forum lenteng mau balik ke jakarta, mereka naik kereta dari pasar turi jam 9 malam, saya bingung mana ada jadwal kereta jam 9 malam ke jakarta, ternyata mereka bakal naik kereta barang, anjir ini mah perjalanan lebih sadis ketimbang kereta ekonomi, hahha kapan2 patutu saya coba! anak2 ngobrol sambil nunggu closing party di club 39 jam 12 malam, sementara saya siap berangkat ke yogyakarta!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar