Senin, 06 Juni 2011

5 kejutan




kejutan #1 : bungurasih

jumat, 3 juni 2011, sandy sedang perjalanan menuju surabaya dari ubud. saya menjemputnya di terminal bungurasih, nyampe bungurasih jam 20.30 karena langsung dari kantor, jadwal kedatangan sandy jam 10 malam. jam 10 malam sandy mengabarkan posisinya di pasuruan, wah itu berarti 2 jam lagi baru nyampe bungurasih. untung di terminal cukup nyaman dan saya menghabiskan buku "mirah dari banda-hanna rambe", jam setengah satu pagi sandy akhirnya datang, untuk pertama kalinya saya menunggu di terminal bungurasih selama 4 jam! sandy abis pameran seni media di taman budaya provinsi nusa tenggara barat di mataram, lanjutan dari lomba seni media 2011, dia juara 1 lomba komik online, juara 2 nya toro, juara 3 hans papillon! kami lanjut naik bis kota turun di jl diponegoro dan berjalan kaki ke kost saya, alfan kemudian menjemput sandy untuk menginap di kost-nya alfan.

kejutan #2 : kat menelpon
sabtu, 4 juni 2011, ibu kost membangunkan saya, ada telepon katanya, saya bangun, keluar kamar dan hari sudah terang, paling mama yang nelpon, ternyata kat yang nelpon, hp saya mailbox dan ini ternyata sudah jam 8 pagi, padahal saya janji ke c2o pagi ini. saya langsung telpon sandy, dia juga baru bangun, kita janjian ketemu di unair. saya fotokopi beberapa komik di pink, sandy sarapan nasi bungkus dan kopi susu, dan kami lanjut berjalan kaki ke c2o. sandy hanya sebentar mampir ke c2o dan mengobrol dengan kat, jam 12 siang kami cabut, sandy pengen beli bakso babi dan lanjut ke stasiun gubeng, dia akan kembali ke yogyakarta.

kejutan #3 : amerika
c2o dekat dengan konsulat amerika serikat, disana banyak properti anti-kerusuhan, saya mengambil foto sandy di depan pagar kawwat berduri yang bertuliskan batas unjuk rasa. kami lanjut berjalan ke jalan raya darmo, ternyata sandy dicegat oleh beberapa petugas keamanan konsulat. mereka menginformasikan bahwa mengambil foto di areal konsulat dilarang demi keamanan nasional! sandy diintrogasi dari identitas sampai kegiatannya hari ini, saya marah2 dan bilang ke petugas ini telah melanggar hak asasi manusia, kebebasan di ruang publik! ini adalah kejutan lainnya, dihadang petugas keamanan konsulat di trotoar jalan raya dr soetomo! setelah petugas menghapus foto di kamera digital sandy, kemudian kami juga difoto, dicatat identitasnya, baru kami dilepas! dasar amerika paranoid! saya gak marah dengan petugas keamanannya, itu adalah tugas mereka, saya marah ke pemerintah amerika yang dengan seenak pantat mengokupasi ruang publik dan tentu saja sumber daya alam di indonesia!

kejutan #4 : bacang
setelah mengantarkan sandy ke stasiun gubeng, saya kembali ke c2o, disana sudah berkumpul kat, andre, pauline, ari, juga ada 2 tamu, kak nitnit dan okto, mereka akan meramaikan festival eat play laugh juli besok. pauline membawakan bacang, dalam rangka perayaan pecun dan bacang, sambil meeting saya menikmati bacang, sambil mendengarkan pauline menceritakan legenda perayaan bacang dan kemudian saya googling. pecun adalah hari raya tradisional etnis tionghoa pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan imlek (8 juni). pada perayaan tersebut, bacang menjadi makanan perayaan, bacang dibuat dari campuran ketan dan beras pulut, lalu isinya jamur, kacang merah, dibalut sama daun jagung, seru banget kan!
legendanya ada seorang menteri bernama qu yuan di zaman dinasti cho, dia sastrawan yang sangat peduli pada rakyat, rekannya iri dan memfitnahnya, karena qu yuan kecewa akhirnya dia bunuh diri tenggelam di sungai mi lou. rakyat sangat bersedih karena menteri yang mereka kasihi telah mati, maka rakyat membuat banyak bacang dan mempersembahkan bacang tersebut ke sungai supaya ikan2 tidak memakan mayat qu yuan tersebut tapi memakan bacang. bacang yang dibawa pauline isinya berbagai jenis jamur, dan ini bacang yang paling enak yang pernah saya makan! ditambah legenda, rasanya makin enak!

kejutan #5 : reuni
setelah meeting, saya dan erlin ke pertunjukkan musik yang bertajuk "aku ingin jadi astronot tapi aku gila" di c&r daerah pucang. acara ini mempersembahkan band pop surabaya dan malang, saya hanya menikmati rainy days, illusion, dan hi! mom. kejutan yang menyenangkan adalah bertemu eko dan rusli disana! rusli lagi bertugas di surabaya selama bulan juni. kuro menyusul datang, wah ini jadi saat yang mengharukan bagi saya, melhat kuro, eko, dan rusli ngobrol soal indiepop, mereka tulus, jujur, dan penuh cinta saat membahas hit parade dan artis2 indiepop lainnya. kuro memperlihatkan kumpulan karyanya yang terinspirasi dari scene indiepop, kami sangat menyukai karya2 nya! kejutan terakhir adalah bertemu jay, kami hanya saling menyapa, kemudian jay menghilang, sudah lama tidak bertemu fisik dengannya. gig ini jadi reuni, saya dan kuro pertama kali ketemu dengan eko cahyono dan rusli budianto di soundfest 2008 di rotten apple.

*artwork oleh kuro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar