Selasa, 31 Mei 2011

insting



sabtu, 28 mei 2011

bangun siang, mencuci dan memasak bihun jamur,
cukup terlambat untuk ngumpul di c2o jam 11 siang. bersama para cecunguks (kat, erlin, andre, ajeng, pauline) dan 2 temannya pauline : lili dan santi, kami akan survei sanggar alang-alang untuk project c2o bulan juli : EAT PLAY LAUGH. sanggar alang-alang adalah sanggar anak jalanan, cukup populer di surabaya, sesampainya disana, ternyata tutup, operasionalnya hanya weekdays saja. kami lanjut ke panti asuhan don bosco, sampai disana kami langsung diterima oleh mery, petugas panti, dia menjelaskan prosedur untuk membuat kegiatan di panti tersebut. panti asuhan don bosco adalah bangunan kolonial sekaligus cagar budaya yang dibangun tahun 1930, dijadikan sebagai gudang senjata. selalu menyenangkan jika berkunjung ke bangunan lama yang masih difungsikan (baca:terawat).

kat mengusulkan untuk makan wader di ketintang,
wader adalah ikan ukuran kecil yang hidup di air tawar. anak2 makan wader goreng pas di trowulan, kebanyakan suka, jadi kita mau nyoba warung wader yang terkenal di surabaya, warung wader kincir, jl ketintang selatan 200 surabaya! dari don bosco ke ketintang lumayan jauh dan macet di area ahmad yani, cukup menyebalkan merasakan macet di surabaya karena macet seharusnya hanya ada di jakarta +). warung cukup besar namun sederhana tapi bersih, pemandangannya adalah sungai dengan kincir semacam pengatur air, cukup asjik dan nyaman! anak2 pesan menu utama wader goreng, saya pesan botok telur asin dan lalapan! yang seru adalah nasinya nasi jagung, saya sampai tambah dan harganya terjangkau!

acara selanjutnya adalah gathering bhineka--organisasi dengan isu pluralisme--di markas bhineka jl monginsidi 15 surabaya! soe tjen marching--founder sekaligus ketua bhineka--terlihat sehat dan cantik dengan kostum kemeja putih dan celana pink muda. setiap yang datang membawa makanan, ruang gathering jadi penuh makanan, yang datang juga bervariasi, mulai dari anggota nu sampai anggota ligama (organisasi gay di malang). cecunguks tidak berlama2 disana karena kami akan menyiapkan pemutaran film di c2o.

malam ini c2o menyajikan karya sineas walerian borowczyk bertajuk immortal tales produksi tahun 1974. karena saya blank soal borowczyk, cukup kaget pas liat filmnya, dari awal sampai akhir penuh adegan erotis. immortal tales mengisahkan 4 legenda prancis tentang seorang gadis yang kehilangan keperawanan, seorang perempuan yang melakukan masturbasi, seorang wanita bangsawan yang mandi darah perawan agar awet muda, dan kisah incest di lingkungan gereja! kat dan slamet abdul sjukur menjelaskan mengenai film tersebut, yah sangat butuh penjelasan kalo film surealis. borowczyk kelahiran polandia, lulusan sekolah seni murni, pernah menjadi ilustrator poster propaganda sosialisme pemerintah polandia.

setelah nonton kita buru2 ke cccl, disana telah
dimulai pertunjukkan akrobatik 3 artis prancis bertajuk "mobile". parkir sangat ramai, pas masuk kebun belakang cccl, semua tempat duduk penuh terisi dan banyak yang berdiri, tapi teratur. yaya kami kelewatan banyak tapi kami tidak melewatkan pertunjukkan klimaks, berjalan diatas kayu dengan pondasi kayu tanpa perekat, pertunjukkan yang memukau! 3 artis prancis tersebut juga tidak bertubuh semampai, jadi cukup aneh mereka bisa ber-akrobatik dengan nyaman, kostum yang dipakai juga lucu, kostum carpenter, properti yang dipakai adalah balok kayu2, jadi mereka menyusun kayu2 tersebut (tanpa perekat) dan meloncat2 di susunan balok tersebut. lighting dan scoring juga oke, dan serunya para pengunjung sangat beragam, anak2 sampai orangtua. 3 artis tersebut telah membuktikan kata2 mereka "bisa segalanya tanpa apa-apa".

minggu, 29 mei 2011

sudah niat untuk lari pagi, gw bangun jam 5 subuh,
sangat semangat karena menemukan udara yang sangat sejuk (semalam habis hujan), sedikit pemanasan dan mulai berlari santai menuju taman lansia. cuaca yang sangat oke, sejuk dan matahari masih tidur, gw tambah semangat lari keliling kecamatan gubeng! setelah mengeluarkan cukup banyak keringat, gw lanjut berjalan di jalur berbatu yang disediakan di taman lansia, belum pernah nyoba sebelumnya, gw panasaran karena disana ramai manusia berjalan di jalur tersebut. lepas sepatu dan dengan telanjang kaki memulai menginjak batu2, dan kaki gw kesakitan, gw berjalan hampir berjingkat-jingkat, bahkan setelah satu putaran masih terasa sakit, gw pikir gw baru pertama kali jadi masih sakit, gw lanjut ke putaran kedua, tetep masih kesakitan. seorang bapak tua tiba2 menyapa gw dan kasih saran untuk melihat pemandangan di taman, jangan fokus ke jalur batu2, biar sakitnya berkurang, hahha kayaknya cuma gw aja yang kesakitan, yang lainnya cukup santai berjalan2 di jalur batu2. ok 2 putaran cukup, minggu depan gw coba lagi! kata banyak orang kalo kesakitan pas jalan di jalur batu2 berarti punya penyakit, wuahh kayaknya gw berpenyakit deh, meskipun gw merasa sangat sehat tapi gw blm pernah general check-up! sebelum pulang gw menikmati car free day di jalan raya kertajaya, asik lari2 di tengah jalan raya, udaranya masih sejuk dan matahari bersinar lembut, minggu pagi yang menyegarkan jiwaraga! mandi, sarapan, baca milan kundera-identitas, lanjut tidur, lumayan tidur 2 jam. masak makan siang bihun sawi putih dan menuju c2o. kita meeting EAT PLAY LAUGH.

meeting dipotong nonton bersama filmnya borowczyk - goto island of love! semalam slamet abdul sjukur telah memberikan materi mengenai karya2 borowczyk, untuk memudahkan kami menikmati film selanjutnya yang tidak ada subtitle-nya (berbahasa prancis). oh iya, slamet abdul sjukur adalah kolega dari borowczyk, beliau pernah tinggal lama di prancis, borowczyk telah meninggal dunia di usia 82 tahun pada tahun 2006 dan slamet abdul sjukur kayaknya usianya juga 80tahun lebih, ajaib yah beliau masih hidup dan sangat bersemangat!

goto, island of love berkisah mengenai suatu pulau yang terisolir dari dunia luar. goto diperintah oleh goto I, gotos II, goto III yang sangat diktaktor. film ini mengisahkan kehidupan goto III yang punya kekuasaan total menentukan kehidupan rakyatnya, mulai dari pekerjaan sampai kehidupan seks. glyssia, istri goto III, selingkuh dengan gono, pelatih kuda. ada juga tokoh antagonis yang bernama grozo, seorang penjahat yang mendapatkan grasi dari goto III dan jatuh cinta pada glyssia, yang akhirnya menjadi goto IV.

film politik satir-humor ini cukup gak ketebak ending-nya tapi tetap asjik dan mudah dicerna ketimbang immortal tales. borowczyk juga menggunakan musik klasik dalam setiap filmnya, komposisi kanon dari handel dipilih untuk film ini. dari materi yang gw baca, karya borowczyk menyajikan isu eksistensi insting dalam diri manusia, dimana intelegensia saat ini diagungkan sementara insting dianggap hal yang buruk. goto island of love adalah film live-action pertama borowczyk, sebelumnya dia adalah animator. kat juga memutar film animasi karya borowczyk: les astronautes, kocak dan bagus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar