Senin, 25 April 2011

selamat paskah!




liburan paskah tahun ini saya nikmati bersama c2o library's peeps! dan kebetulan c2o menyelenggarakan book's day out, suatu perayaan hari buku dunia, 23 april.

jumat, 22 april 2011
gw mau lari pagi di kebun bibit bersama pauline dan carlos, pauline janji jemput gw jam 5 pagi, dan gw udah pasang alarm 04.45, tapi saat alarm berbunyi langsung gw matiin dan gw lanjut tidur! alhasil pauline dan carlos nelpon dan cukup lama menunggu gw bergabung. kita pengunjung pertama di kebun bibit yang punya nama resmi: taman flora, merupakan taman terluas di kota surabaya dan juga yang paling rindang dengan fasilitas outbond, playground, kandang rusa dan burung yang cukup besar, 2 pendopo, dan pengolahan pupuk kompos! gw semangat lari pagi, udah bertahun-tahun kagak lari pagi, dan cukup asjik lari pagi di kebun bibit! setelah satu jam menikmati kebun bibit, kita bertiga kembali ke karang menjangan, mampir ke kostnya carlos dan beli nasi jagung untuk sarapan, nasi jagungnya enak banget! lanjut ke pasar keputran! hari ini kami akan membuat kerusuhan di dapur c2o! kami belanja tomat, lettuce, jagung manis, jamur, baby kaylan, bawang bombay, telur, dan tepung terigu! hari ini menunya jagung manis rebus, omelet bayam, jamur krispy, bruschetta! setibanya di c2o kita leyeh-leyeh dulu sambil menunggu mood memasak! ternyata pauline gak bisa masak, tapi dia langsung cepat belajar, bisa motong bawang bombay dan tomat! selesai masak, kita makan siang bersama sambil menunggu cecunguk lainnya andre dan ari untuk nyiapin display pameran postcards from bookworms! gw seneng banget banyak temen-temen gw berusaha untuk membuat kartupos dan mengirimkannya via pos, asjik banget! seharusnya gw ke gereja hari ini untuk merayakan kematian tuhan yesus, tapi sepertinya c2o udah jadi gereja gw X)


sabtu, 23 april 2011

setelah mencuci baju dan membereskan kamar dari pagi sampe jam 12 siang (betapa kotornya kamar gw) gw cabut ke c2o, yuli lumayan kerepotan dengan para tamu yang sudah datang sejak jam 11. setelah semua display beres, jam 2 siang ada konfrensi press book's day out dan tamu-tamu dan member c2o terus berdatangan untuk menikmati book's day out. malam ini adalah peluncuran peta buku surabaya (surabaya book map 2011). surabaya book map adalah persembahan c2o untuk masyarakat yaitu pemetaan kegiatan literasi di kota surabaya, mulai dari perpustakaan, taman baca, sudut baca, komunitas baca, toko buku, toko buku bekas, dan akan di-update dengan penerbit dan pengarang! acara peluncuran surabaya book map mendapat apresiasi dari para pengunjung dan juga masukan tempat-tempat literasi yang belum terpetakan, tapi cukup aneh dengan permintaan maaf dari diana sasa, pengelola perpustakaan di salah satu mall di surabaya, dia minta maaf tidak bisa membantu dalam festival surabaya membaca karena banyak masalah internal dan hardisk-nya rusak! yah kalo mau minta maaf mah jangan di forum! abis itu kita nonton never let me go-mark romanek, berdasarkan novel karya kazuo ishiguro! film drama romantis distopia yang lumayan aneh! tidak banyak yang datang, tapi yang datang ikut berpartisipasi dalam membuat kartupos dan book swap! acara berakhir jam 9 malam, setelah beres-beres, carlos mengajak kami untuk ikut kebaktian malam paskah di katredal hati kudus, mau menikmati ritual malam paskah dengan penyalaan lilin dengan memakai arang. kat pake kostum biasanya, polo shirt dan celana pendek dan juga backpack, sementara gw, pauline, carlos, ary amhir pakai celana panjang (sebelumnya kita memang ganti baju), alasan kat ngak ganti baju adalah tuhan yesus pakai cawat saat disalib, heheh dasar agnostik! karena kita lumayan lama berangkatnya, gereja sudah penuh, jadinya kita duduknya mencar, kat dan pauline milih diluar, alhasil carlos jadi bete karena dia pengen kita semua dalam gedung jadi bisa melihat secara langsung, bukan via screen. akhirnya carlos pulang, dia ngambek, tinggal kita berempat, ary amhir dan kat menyusul pulang, tinggal gw dan pauline yang lumayan cengok dan kita pun akhirnya cabut! drama malam paskah!

minggu, 24 april 2011

selamat hari paskah! gw menyukai paskah dan tidak menyukai natal. paskah sejak gw ikut sekolah minggu adalah perayaan yang menyenangkan dan tidak terlalu menjadi komoditas, ngak kayak natal, mal pun merayakan natal! ritual perayaan paskah di kebanyakan gereja kristen protestan (gw dulu ke gpib) adalah ibadah subuh, sekitar jam 4 pagi, kita membawa obor dari rumah menuju ke gereja, selesai ibadah, sarapan pagi bersama, susu dan roti! setelah itu anak-anak sekolah minggu akan mencari telur paskah, selain itu juga dirayakan dengan kebaktian padang, ibadah di daerah dataran tinggi, asjik banget! jadi gw selalu semangat untuk merayakan paskah, kali ini gw merayakan paskah di c2o, meskipun hanya saya dan carlos yang merayakan paskah, kat dan erlin agnostik, pauline budhist, ari dan andre islam. gw ke c2o jam 10 pagi, mau masak makan siang! pauline menyusul datang! kita masak 3 varian omelet: omelet kemangi, omelet kacang panjang, omelet bayam! bahan dasar campuran omelet yaitu telur, garam, paprika, bawang bombay, tomat, basil, rosemary, lada hitam! dan pauline makin jago motong bawang dan masak omelet! dan hasilnya oke banget, enak lah, dan anak-anak juga suka! aye! lanjut untuk menyiapkan acara sore ini, untung 2 hari ini cukup cerah jadi acara berjalan menyenangkan di garasi c2o. memang tidak banyak yang datang, tapi kita jadi bisa intens
berinteraksi dengan para pengunjung dan member c2o lainnya! mulai dari membuat kartupos, bake sale, book swap, sablonase oleh reza garasi 337, presentasi karya kartupos, dan nonton film howl yang mengisahkan kehidupan penyair allen ginsberg! dan interaksi antar-cecunguk selama kita mengerjakan project book's day out adalah super-menyenangkan karena kita dari berbagai latar belakang sosial, ekonomi, budaya, golongan, suku, dan agama yang berbeda tapi punya misi yang sama : mencerdaskan kehidupan bangsa x)

#foto postcards from bookworms oleh erlin goentoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar