Selasa, 05 April 2011

piano 4-tangan

PIANO 4-TANGAN
pianist : Glenn Bagus & Iswargia R. Sudarno
Senin, 4 April 2011
Melodia Music Hall, jl. Ngagel Jaya 12-14 Surabaya
19.00-21.30 wib

Pauline Sen menjemput gw di kantor, karena gw shift malem dan baru bisa keluar kantor jam 7 malam, maka kita melewatkan sekitar 20 menit penampilan dari Glenn Bagus & Iswargia R. Sudarno, 2 pianist dengan pertunjukkan piano dengan 4 tangan yang mengagumkan selama hampir 1,5 jam! duet maut ini merupakan perayaan ulang tahun PMS (Pertemuan Musik Surabaya) yang ke-54. PMS didirikan oleh alm. Ruba'i Katjasoengkana, The Lan Ing, Slamet Abdul Sjukur. dalam pengantar untuk acara ini, Slamet Abdul Sjukur menuliskan tentang PMS:

"Setiap bulan para pecinta musik di Surabaya berkumpul. sama-sama mendengarkan Bach, Mozart, Beethoven, Schumann, Debussy, Strawinsky, Webern, Steve Reich, Arno Peters, Amir Pasaribu, Tan Dun, Piazzola dll...
kami tidak sekedar mendengarkan kemudian ramai bertepuk
tangan serentak dan terus pulang. kami juga membahas apa saja yang kita dengarkan. menganalisa form-nya, harmoni-nya lebih detil lagi struktur melodinya. bahkan memperkarakan harmoni modal Debussy, keseimbangan-mulia Bartok ostinato ritme non-simetri Strawinsky, orkestrasi Ravel.. semua itu dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti, sehingga semua yang hadir bisa ikut memahami hal-hal menarik yang tadinya tersembunyi.
Piano 4-tangan menbawakan karya dari Rachmaninof, Ravel, dan Strawinsky sebagai simbol "dunia pinggiran" karena Rachmaninof, bukan "anak ajaib" bahkan perlu dihipnotis agar punya tujuan hidup. Ravel, tidak diakui Lembaga Tinggi Prancis di Roma. Strawinsky, tak pernah sekolah musik dan tidak punya ijasah."

hahha karena gw penikmat pemula, gw duduk terdiam menikmati alunan piano 4 tangan, sangat menyentuh dan menyegarkan. hhehe untungnya ada Pauline Sen yang juga seorang pianist
yang memberikan penjelasan.

2 komentar:

  1. Sampai sekarang sy masih terpukau dengan permainan piano 4 tangan oleh Glenn Bagus & Iswargia R. Sudarno. Bagi saya, seorang yg awam dlm bidang musik, mendengarkan permainan yg begitu indah , hampir membuat saya ingin menangis :)
    Tgl 14 April 2011, jg akan ada pertunjukan musik, oleh Kazua Nakahara. Saya sungguh berharap bisa turut menikmati pertunjukan tersebut. Wisma musik Melodia sungguh berbaik hati bisa bekerja sama dengan para musikus-musikus handal, sehingga kita bisa mendapatkan kesempatan belajar berbagai hal tentang musik.
    Dan juga terima kasih sebesar-besarnya kepada para pendiri Pertemuan Musik Indonesia, salah satu lembaga yang turut memprakarsai acara-acara tersebut.
    Semangat dan berkarya terus para musikus-musikus handal Indonesia!

    BalasHapus
  2. dear anonim,
    terimakasih telah mengajak saya ke PMS hehe ketebak lah sang anonim

    BalasHapus