Senin, 28 Maret 2011

dari panggung ke panggung



minggu, 27 maret 2011

malam ini ada 2 pertunjukkan yang mau saya datangi, tapi jam-nya sama! setelah membaca si badung jadi pengawas-enid blyton di c2o, saya, ajeng, dan kat jam setengah 7 malam cabut ke kampung seni thr. panggung yang kami datangi adalah pementasan ludruk sempalan dengan lakon surip tambak oso, sudah banyak yang hadir bahkan hampir semua kursi terisi, padahal kalo pertunjukkan reguler paling maksimal 10 orang yang datang. pementasan kali ini memang spesial dan gratis (biasanya htm 5000rupiah). dimulai sekitar jam setengah 8 pementasan dibuka oleh tari remo, dilanjutkan komedi sebagai pengantar lakon malam itu, dan babak 1 pun digelar! sejak pertama kali liat ludruk saya menyukai tarian remo dan banyolan-banyolan dengan menyertakan parikan (semacam pantun). ludruk kali ini juga menyajikan hiburan yang sama dengan salah satu hikayat jawa timur : sarip tambak oso, mengisahkan perjuangan sarip melawan belanda, yah semacam pitung kalo di batavia. seorang teman dari yogyakarta datang ke surabaya, dia sms mau ketemu di aiola, terpaksa (yah gak terpaksa juga, tapi sayang aja gak sampe selese liat ludruknya) saya meninggalkan ludruk, kat, dan ajeng jam 9 malam (masih babak 2).

jalan kaki menuju aiola menuju panggung berikutnya, "bumi/lilin/hi mom!/dan putaran ke empat"
. setelah bertemu teman dari yogyakarta yang lagi ngopi di depan aiola, saya langsung masuk ke dalam toko, wah ternyata saya datang saat set terakhir himom! mereka membawakan 2 lagu andalan honey dan menuju rumah! visual oleh havre works dan wsltdrg sangat memukau, seperti wayang, layar putih dengan bayangan bergerak, asik banget! pertunjukkan ini tampa menggunakan listrik (yeah dalam rangka merayakan hari bumi katanya) jadi hi mom akustikan dan visual artist-nya pake lilin untuk menghasilkan bayangan. di dalam toko juga bertebaran lilin dan juga karya dari teman saya, jowy! meskipun saya melewatkan penampilan carnivorus vulgaris dan silampukau, tapi tetep seneng banget bisa menikmati pertunjukkan ini, salut buat tim hi mom! yang menyelenggarakan acara ini! hahha saya emang rakus, gak mau ketinggalan moment, panggung tradisi dan kontemporer saya hajar semua x)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar