Senin, 28 Februari 2011

diary of cergamboree 2011


senin, 21 februari 2011

hari pertama cergamboree! gw tidak bisa mengikuti comic on ceramic di studio granito. kelar ngantor jam 5 sore, langsung cabut ke cccl, workshop hari pertama dimulai jam 6 sore! lumayan banyak yang ikutan workshop, meskipun ada beberapa yang cancel dan datang sangat terlambat. workshop diisi oleh simon hureau dan kathleen azali. senangnya bertemu dengan prihatmoko "moki" dan anang saptoto, mereka dikirim oleh lip (lembaga indonesia prancis) untuk mengikuti cergamboree. moki adalah salah satu personil mulyakarya sekaligus drummer airport radio dan anang saptoto adalah salah satu founder mes56.
workshop berakhir jam 10 malam, gw, moki, dan anang jalan-jalan ke taman bungkul, minum kopi dan makan jagung bakar, ngobrol banyak karena kita baru berkenalan, mereka berdua menyenangkan! oh iyah, mereka nginep di wisma pertamina, deket taman bungkul, hostel dengan bangunan kolonial, lumayan menakutkan hehehhe...

selasa, 22 februari 2011
jam 5 sore cabut ke cccl, hari kedua workshop diisi oleh ajeng dan nicki dari surabaya tempo dulu, mereka memberikan informasi dan referensi tentang sejarah kota surabaya, sesuai dengan tema cergamboree tahun ini, sejarah kecil surabaya! anang juga sharing mengenai project buku komik/ilustrasi mengenai kebudayaan diy yogyakarta! selesai workshop, gw ngajakin anang dan moki berjalan kaki ke beberapa spot yang menarik di surabaya, kita ke pasar keputran, sinagog, dan jembatan jalan pemuda!
pasar keputran tidak seramai dulu karena sudah "dibersihkan" oleh pemkot surabaya. yang bikin kaget adalah sinagog yang sudah lenyap tanda-tanda keberadaannya, hanya ada bangunan kolonial, pintu dengan lambang yahudi sudah lenyap! anang dan moki jadinya tidak percaya kalo bangunan tua di jalan kayoon itu adalah sinagog! kita lanjut ke jembatan jalan pemuda, beberapa orang sedang mancing disana. acara jalan kaki bersama ini dibuat komik sama moki dan bikin gw dan kathleen ketawa ngagak tanpa henti!

rabu, 23 februari 2011
seperti kemarin, jam 5 sore langsung cabut ke cccl, materi workshop kali ini adalah membuat storyboard, opet membuat storyboard yang oke banget, kisah suri dan bayi yang jalan-jalan ke kebun binatang surabaya! simon memberikan komentar mengenai storyboard para peserta workshop! selesai workshop, gw, anang, moki, dan simon jalan-jalan ke taman bungkul, kita mau menikmati juice ukuran satu liter! setelah memesan juice, kita duduk di wilayah nasi bebek karena moki juga mau mesen bebek, tapi kita diusir oleh pemilik warung karena yang pesan hanya 1 orang tapi yang duduk 4 oarang, akhirnya kita pindah ke tempat duduk lainnya, setelah beberapa detik duduk, kita diusir (lagi) oleh pemilik warung kopi karena kita gak pesan kopi sama sekali, akhirnya kita pindah dan berdesakan duduk di tempat duduk warung juice... puihhh! juice ini sangat menarik perhatian anang karena ukuran besar, gelas nya ditutupin plastik dan dikasih 2 sedotan, menurut anang display juice sangat menarik, menurut gw ngak sama sekali, sangat boros plastik dan tidak ramah lingkungan!!!! simon menggambar moki dan anang yang sedang menikmati juice, gambarnya simon oke banget dia pake tinta cina dan pena bulu angsa!

kamis, 24 februari 2011
hari terakhir workshop! siang hari ian olsen memberi kabar baik, soundtrack headmade sudah jadi : the shocking blue - send me a postcard (summer in berlin cover), tinggal di-mixing! sayang gw harus lembur dan kelar jam 7.30 malam, dan langsung menuju cccl! malam ini finalisasi komik, meskipun masih banyak yang belum selesai, hanya anang dan moki yang sudah siap!
selesai workshop, ade dan aryo menyusul ke cccl, mereka datang ke surabaya untuk cergamboree! yah tahun kemarin, anak-anak mulyakarya memang sangat berkesan dengan cergamboree! dan cergamboree memang sudah menjadi agenda tahunan dalam dunia komik nasional! gw, kat, andre, ari, simon, anang, moki, ade, aryo nongkrong di taman bungkul, anak-anak makan rawon kalkulator, seperti biasa gw, kat, andre gak makan, anak-anak pada bikin gambar, ini jadi moment favorit gw melihat mereka menggambar dan saling mengomentari!

jumat, 25 februari 2011
yeah gw cuti! jam 9 pagi gw ke c2o, kita janjian akan jalan-jalan ke house of sampoerna dan jalan semarang! ajeng menyusul datang, anak-anak yogyakarta jam 10an baru datang, dan andre yang datang terakhir! anak-anak nge-scan komik dulu, dan kita baru cabut jam 11. sampai di house of sampoerna, anang, moki dan andre sholat jumat, gw, kat, ajeng, ade dan aryo jalan-jalan ke galeri, ada pameran perhiasan karya jenny--istri agus koecing! kita lanjut ke museum, ade dan aryo sangat kaget melihat para buruh pabrik rokok dji sam soe bekerja dan di-pamerkan! emang gila banget! sayang kita gak bisa ikutan surabaya heritage track karena jam 2 siang kita sudah harus ke cccl untuk set-up galeri! tujuan selanjutnya adalah kampung ilmu yang berada di jalan semarang! kampung ilmu adalah ruang publik yang representatif, menyajikan stand buku bekas, ruang duduk dengan fasilitas wi-fi gratis, pendopo, dan kolam renang! bakal betah berlama-lama disana sambil hunting buku! anang, moki, ade berburu buku favorit, anang beli beberapa katalog ikea, moki beli majalah spin, ade beli komik dragon ball! tentu saja kita gak berlama-lama disana, kita harus segera menuju cccl!
di cccl gw bertemu dengan rombongan akademi samali, beng rahardian, errie, dan ahmet! kami mulai men-set up meja untuk comic market di dalam galeri, mengeluarkan kursi dari ruangan indoor untuk pemutaran animasi. teman-teman yogyakarta makan siang duluan, mereka kelaparan! setelah beres set-up, gw, kat, ajeng, errie makan sore di suzana foodcourt, kat dan ajeng pesen rujak cingur, gw dan errie pesen tahu tek, sayang petis-nya terlalu nusuk rasanya, sedikit mual jadinya! galeri sudah siap jam 5 sore!
pembukaan pameran dimulai jam 6 sore, gw jadi reseptionis dadakan, bagian informasi cergamboree, sangat ramai yang datang, sebagian besar yang datang ingin melihat pemutaran animasi-nya cak ikin! yah lumayan lah setidaknya mereka juga akan melihat komiknya para peserta pameran! backsound selama pembukaan pameran adalah mixtape eko cahyono yang berjudul "betapa saya begitu bangga pada musisi lokal jaman dulu", isi mixtape seperti dara puspita, koes bersaudara, benyamin sueb, sangat menarik perhatian para pengunjung!
gw bersyukur masih ada teman-teman yang bersedia membantu project yang gw dan opet bikin--HEADMADE, yogie datang ke cccl untuk ngambil data summer in berlin, doi bakal mixing lagu tersebut! acara pembukaan sampai jam 9 malam meliputi pemutaran animnation dan re-launching komik 101 hantu nusantara. jam 10-an kita "diusir" dari cccl (jam operasional cccl maksimal sampai jam 21.30), gw, kat, ari, andre, angga, rici, anang, moki, ade, aryo nyari makan di pucang, supper time! kita lanjut jalan-jalan ke dolly, sampai muter dua kali, memang dolly adalah fenomena langka di indonesia!

sabtu, 26 februari 2011
karena keterbatasan gw dalam menggunakan photoshop dan corel, bagus membantu mengedit karya headmade yang diprint, karena dadakan nge-print kena mahal deh, per lembar a3+ harganya 5000rupiah! seharusnya bisa dapet 3000rupiah/lembar. karena gw bangun kesiangan, baru nyampe tempat nge-print jam 10, selesai nge-print jam 11 dan langsung ke cccl, anak-anak udah disana, comic market sudah dimulai! gw dan angga mulai set-up layar di areal cafe untuk acara penutupan, opet dan helmi menyusul datang memberikan instalasi kepala untuk display headmade.
konsep display headmade diluar rencana sebelumnya, karya tidak digantung melainkan disebarkan diatas meja, instalasi kepala ditaruh ditengah meja yang bertaplak kain warna silver! karena opet harus balik ke kantor, display karya dibantu oleh yogie dan putu yang datang untuk memberikan hasil mixing summer in berlin! cukup sedih karena opet dadakan harus kerja, gw sendirian meluncurkan headmade, audiovisual dibantu oleh andre! beberapa partisipan yang berjanji untuk membantu display karya juga tidak datang!
jam 17.30 gw baru memulai acara peluncuran headmade, beberapa teman sudah datang, lagu send me a postcard yang dicover oleh summer in berlin menemani sepanjang acara peluncuran. emang oke banget lah summer in berlin, mereka berhasil meng-cover send me a postcard! bahkan pinkan tidak menyangka sama sekali kalo itu adalah lagu send me a postcard! display postcard di meja ternyata berhasil menciptakan interaksi antara pengunjung dengan karya, meskipun beberapa partisipan lebih setuju display karya digantung! reza dkk baru datang jam 7-an, sablonase dimulai, sangat keren!! kursus kilat komikartupos berubah menjadi lomba one minute one page comic! cukup mendapat respon dari para pengunjung, lomba dimenangkan oleh muda (salah satu peserta pameran, dia membuat komik tentang ufo), hadiahnya adalah kompilasi komik terdayshat di surabaya, area 031.
acara penutupan dimulai tepat jam 7 malam, diawali dengan sambutan dari kathleen azali sebagai ketua panitia dan krisna sebagai perwakilan dari cccl. langsung menampilkan makanan berupa jajan pasar 7 rupa dan gorengan! camilan yang sangat menarik! bahkan simon suka banget sama singkong keju! acara ramah-tamah ditemani oleh mixtape dari eko cahyono! acara berakhir jam 9 malam, ini adalah antiklimaks yang menyenangkan!
panitia cergamboree bersama moki dan anang (ade dan aryo udah balik tadi siang) kecuali ajeng menuju warung bebek! anang dan moki ngidam makan bebek! gw milih bebek yang di deket dolly, murah meriah, tapi kata rici dan anang tidak terlalu yahud rasanya! sambil makan kami membahas tema newsletter c2o untuk bulan maret yaitu bulan film nasional! cergamboree yang 3 berakhir hari ini, suatu keberuntungan gw bergabung dalam kepanitiaan cergamboree dengan tim yang hebat : kat, ari, andre, ajeng, rici, angga!

minggu, 27 februari 2011
gw bangun jam 11 siang, lumayan banget gw tidur panjang, membayar hari-hari kemarin yang sangat kurang tidur! bikin branch roti gandum dan telur rebus, setelah itu mulai membersihkan kamar dan mencuci baju! sekitar jam 2 baru beres dan saatnya tidur siang! terbangun jam 4 sore, ada jadwal meeting evalusi cergamboree di c2o jam 5 sore! sampai di c2o bertemu kembali dengan geng akademi samali, anak-anak juga udah pada dateng, meeting pun dimulai! meeting selama 4 jam sangat menyenangkan karena kita puas dengan cergamboree 3 (tentu saja dengan beberapa kekurangan) dan berniat untuk melanjutkan cergamboree tahun depan meskipun tanpa dukungan cccl!

senin, 28 februari 2011
seharusnya gw cuti, tapi sang bos membatalkan cuti gw, terpaksa gw masuk, untung aja gw masuk siang jam 10, masih bisa membereskan sisa-sisa headmade! tapi tetep telat masuk kantor karena harus ngantri panjang di atm dan ke kantor pos untuk mengirimkan sekitar 50 komikartupos headmade! ahh senang sekali rasanya mengirim kartupos! meskipun indra ameng belum mengirimkan kata pengantar, sejauh ini headmade sukses! terimakasih atas bantuan dukungan dari reza, helmi, bagus, yogie, dan ian olsen untuk headmade!

foto koleksi c2o library


Tidak ada komentar:

Posting Komentar