Rabu, 12 Januari 2011

menuju ibukota

8 januari 2010

stasiun senen
nyampe stasiun senen, kaget disapa sama ayos, dia abis dari yogyakarta, ngeliput sekaten, ke jakarta untuk mengikuti seminar dan pastinya berkunjung ke galnas juga! setelah ayos mandi di wc umum, sarapan dulu, trus gw reservasi tiket buat besok. kita lanjut ke shelter busway, nganterin ayos ke harmoni, nyempetin foto-foto dulu, eh nyasar salah jurusan, status fb-nya ayos : lost in jakarta with anitha silvia! setelah sampe harmoni, kita pisah ke tujuan masing-masing.

perpustakaan nasional
lokasi : jl salemba raya no. 28a jakarta pusat
ini perpustakaan terbesar yang pernah gw kunjungi, tapi sayang banget lagi ada perbaikan sistem jadi pelayanan koleksi buku dipindah semua ke perpustakaan di deket monas, untung gw bawa buku koleksi c2o, baca buku sambil nunggu ujan reda.

ccf (centre cultural francais)
lokasi : jl. salemba raya no. 25 jakarta pusat
di ccf gallery sedang berlangsung pameran seni video karya jean-gabriel periot, menampilkan 6 karya yang telah diseleksi dari puluhan karyanya dengan ciri khas video art dengan memakai dokumentasi arsip visual mengenai kekerasan dalam sejarah.
keenam video tersebut yaitu undo (2005) menampilkan kehidupan dari tragedi 9 september sampai kelahiran alam semesta. dies irae (2005) menampilkan berbagai macam jalan, jalan raya, jalan setapak, gang, lorong, gw suka quote-nya : that i am the cause of your journey, don't lose me on that way. the barbarians (2005) menampilkan koleksi foto bersama para elite politik, foto keluarga, foto klub olahraga yang kemudian didistorsi oleh foto-foto kerusuhan saat aksi massa. even if she had been a criminal...(2006) merupakan dokumenter peristiwa hukuman di depan publik kepada para wanita yang dituduh punya affair dengan orang jerman, hukuman tersebut berlangsung saat musim panas 1944, hukuman yang lebih kejam ketimbang penjara. 200000 phantoms (2007) kumpulan foto hiroshima tahun 1914-2006, dokumentasi arsip foto yang menarik dan berguna!

taman ismail marzuki (galeri cipta ii)
lokasi : jl cikini raya 73 jakarta
tengah berlangsung pameran bertajuk influx : multimedia art in indonesia, merupakan salah satu rangkaian pameran dalam decompression #10, perayaan 10 tahun perjalanan ruangrupa. menampilkan karya dari khrisna murti, agus suwage, venzha, muhammad akbar, jompet, tintin wulia, ade darmawan, widiyanto nugroho, hafiz, performance fucktory, common room, geber modus operandi, dan khrisna murti disana mengajak ngobrol para pengunjung pameran! pameran multimedia art selalu menarik karena menampilkan romantisme media lama dan keajaiban media baru.
kawasan tim saat itu ramai sekali, parkiran penuh, banyak orang, tapi bukan untuk ke galeri cipta melainkan teater jakarta untuk menyaksikan laskar pelangi +P

galeri nasional
lokasi : jl medan merdeka timur no. 14 jakarta pusat
galeri nasional adalah pusat penyelenggaraan decompression #10, mulai dari ruru&friends (pameran para seniman ruru dan artist yang pernah berkolaborasi dengan ruru), ruru .zip (dokumentasi kegiatan ruang rupa selama 10 tahun), ruru .net (menampilkan organisasi, komunitas, kelompok yang bergerak dalam pemberdayaan ruang publik), ruru .mov (screening film dan video yang dikuratori oleh lisabona dan anggun), jakarta 32 derajat (pameran seni visual duatahunan para mahasiswa jakarta), dan rrrec music fest! wuahh tidak cukup sehari menikmati semua karya dan dokumentasi, salut buat ruru, karya dan display-nya hebat! dan pastinya gw menikmati rrrec music fest yang diselenggarakan di audiotorium dan pelataran galnas, whispy hummers, analog girl, kapitalindo, sungsang lebam telak vs a stone a vs orgytech, bangkutaman, ghaust, the milo, dan jalan surabaya!
selain menikmati acara, gw beruntung bisa bertemu teman-teman yang gw kagumi seperti akbar, gembi, dani, ewing, ariani, budi, mbenk, indra ameng, andi rharharha, isrol, echan, shiro, adhytia utama, acum, dedyk, babi, egie permana, dan kopi darat dengan rizkan stone age records, dimmy fuentes, sulaiman said, godit, popo, sawi, dan banon! ada juga teman-teman surabaya yang hadir yaitu benny wicaksono, ayos, kadir, eko, eri, rombeng! tidak lupa ada bazaar yang menghadirkan banyak lapakan, lumayan gw dapet buah tangan dari isrol media legal dan kamengski!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar