Jumat, 28 Januari 2011

gunung kawi

selasa, 7 desember 2010

sedikit bete karena supirnya telat, kita baru meninggalkan surabaya jam 10 malam. trip kali ini diikuti oleh saya, erlin, szymon, chris, celine, william. kita jadi international group, gw dan erlin dari indonesia, szymon dari polandia, chris dari belgia, celine dari prancis, william dari inggris. perjalanan ke gunung kawi aman dan lancar, hanya 2,5jam. begitu masuk kawasan gunung kawi kami melewati gerbang pertama (membayar bea masuk mobil 5000rupiah) lalu menyusuri hutan dan akhirnya baru masuk ke gerbang kedua (membayar tiket masuk per orang 2000rupiah), langsung parkir (biaya parkir semalam 15000rupiah) dan wow ramai sekali disana.
kami langsung menuju tempat utama yaitu pesarean (makam)--makam seorang pejabat/bangsawan pribumi saya lupa namanya, makam tersebut dijadikan tempat berdoa dan semedi oleh banyak orang dengan latar belakang kepercayaan yang berbeda-beda, aneh bukan! gak nyangka disana rame banget meskipun sudah jam 1 pagi, dikiri-kanan jalan setapak menuju makam penuh dengan stand-stand yang menjual perlengkapan ibadah, baju, oleh-oleh khas gunung kawi, juga banyak hotel dan warung makan, disana suasananya meriah. kami mampir ke restoran, chris dan szymon cukup lapar. gw beli singkong goreng yang enak banget, ditambah cuaca yang dingin, pas banget! abis makan, kita menuju pesarean, gw cukup kaget, banyak orang yang berdoa disana, dan juga banyak yang tidur di pelataran makam. mereka sangat khusyuk berdoa, sementara kita sangat terlihat seperti turis hehhehe... satu hal yang aneh lainnya, gw liat ada orang yang berdoa di depan tembok, manusia memang aneh!
gunung kawi memang unik, disana ada pesarean, kuil dewi kwan in, kelenteng, masjid, one stop religious tourism +P
setelah itu kita ke salah satu padepokan yang menggelar wayang kulit, hehe baru kali ini gw ke padepokan, entah nama padepokannya, mereka punya kuil sendiri, dan banyak orang yang tidur disana juga. lakon wayang kulit adalah punokawan vs kurawa, cukup menarik ceritanya, petruk memang mbanyol, dan serunya kita melihat pertunjukkan dari belakang layar (sekarang kecenderungan pertunjukkan wayang kulit dari depan, sehingga audience melihat langsung para sinden, gamelan, dalang, dan wayang kulitnya), lebih seru dari belakang layar, bener-bener shadow puppet show!
pertunjukkan berakhir jam 4 pagi, kita lumayan capek juga begadang, wah ternyata di langit sedang ada banyak guntur, kita duduk sebentar menikmati indahnya guntur dan dinginnya udara! lanjut ke mobil, atur posisi dan tidur!
gw terbangun jam 5 pagi, sudah cukup terang, dan matahari akan terbit, jadi di dalam mobil gw liat sunrise, dan keren banget! matahari terbit diantara gunung-gunung dan hutan. jam 6, anak-anak terbangun, memang tidak nyaman tidur di mobil, gw dan szymon keluar ke kampung, jalan-jalan pagi. pemandangan-nya oke banget, kita bisa liat dengan jelas gunung kawi dan beberapa gunung lainnya. di kampung sudah ramai, mereka mempersiapkan dagangan dan juga parade hari ini. gw makan nasi pecel gunung kawi, enak banget lah buat sarapan! kembali ke parkiran, nunggu anak-anak ke toilet (toiletnya bersih, gratis, dan airnya dingin!).
jam 9 pagi kita turun ke kampung (desa wonosari) melihat parade sesaji. kita mampir bentar untuk ngopi, lalu ke terminal bis yang dijadikan venue opening grebeg satu suro. sudah ramai disana, semua warga desa wonosari berpartisipasi dalam acara ini, meskipun acara ini disponsori oleh suatu perusahaan rokok. bupati malang dan pejabat lainnya turut hadir dalam pembukaan parade, terlihat juga banyak fotografer disana. tiap rw menjadi partisipan parade ini, jadi banyak banget yang ikutan dan mereka menaruh sesaji di dalam ornamen yang mereka buat seperti kereta kuda, dewi kwan in, barongsai, pendopo, kuda terbang, burung elang, juga lengkap dengan drum band dan para penari, sangat meriah! parade sesaji dimulai dari terminal sampai ke pesarean, setelah itu mereka akan membakar oro-oro.
setelah parade dimulai, kami langsung menuju pesarean, untuk melihat parade dari pesarean, sambil menunggu chris membeli sugar cane (tebu) yang dikemas unik, harganya 3000ribu dan segar rasanya! tapi terlalu rame pengunjung yang datang, kami sampai bingung, bayangkan event ini hanya diselenggarakan oleh satu desa saja tapi bisa menyedot pengunjung yang banyak banget! setelah melihat beberapa peserta parade kami memutuskan untuk kembali ke surabaya, yeah kita capek banget! untuk kembali ke parkiran juga susah, karena jalan setapak yang tidak besar, banyak orang, dan pastinya karena rombongan parade. gw, chris, erlin sampai duluan di parkiran, szymon, celine, william masih terjebak di kerumunan, setelah semua ngumpul, szymon baru sadar hp-nya ilang! pasti dicopet pas dia terjebak di kerumunan, yahhh sayang banget.
selanjutnya adalah pulang! menuju kota malang, nyari makan, ternyata restoran yang dituju tutup (hehe untung tutup abis kayaknya mahal banget restorannya, lokasinya aja di perumahan araya, bangunan restoran nya udah kayak hotel) akhirnya kita mutusin untuk nyari restoran di daerah gempol, kita mampir dulu ke bakpau telo, fave gw hehhe, ternyata chris juga suka, dia borong banyak +P