Jumat, 17 Desember 2010

only a girl - lian gouw


Judul : Only a Girl (Menantang Phoenix)
Penulis : Lian Gouw

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010



novel ini mengisahkan kehidupan tiga generasi perempuan etnis tionghoa (1930-1952) yang merasakan hidup di jaman pendudukan belanda, pendudukan jepang, dan revolusi indonesia dengan setting kota bandung. ketiga perempuan itu adalah nanna adalah seorang ibu yang memegang teguh tradisi leluhur, carolien (anak nanna) wanita berpendidikan belanda yang juga memiliki pola pikir dan gaya hidup orang barat (belanda), dan jenny (anak carolien) seorang anak perempuan yang cerdas, pemberani, lincah, penyayang binatang, dan punya cita-cita menjadi dokter hewan.

saat masa pendudukan belanda, mereka hidup nyaman dan aman karena belanda memposisikan etnis tionghoa sebagai masyarakat kelas 2 dan bisa mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan lainnya sama seperti orang belanda. saat pendudukan jepang, segala fasilitas itu hilang, bahkan mereka turut kehilangan salah satu anggota keluarga karena mereka terlibat dalam gerakan bawah tanah belanda. saat revolusi, mereka tidak mendukung perjuangan rakyat indonesia untuk diakui sebagai negara merdeka. jenny yang hanya lancar berbahasa belanda mengalami kesulitan di sekolah saat bahasa indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional, dia membenci perubahan itu.
nanna menyadari belanda telah memberikan keluarganya kenyamanan dan keamanan duniawi, tetapi harga yang harus dibayar sangat mahal. sedangkan carolien masih mengharapkan jenny mendapatkan fasilitas pendidikan tinggi di belanda, universitas leiden, sementara jenny membayangkan negara belanda tidak sebagus yang diberitakan, dan ia memilih pilihannya sendiri.

novel ini sangat menarik, karena secara apa adanya menampilkan kehidupan etnis tionghoa yang pro-belanda di era revolusi indonesia

saya memasang cover buku only a girl yang diterbitkan oleh publishamerica, lllp (baltimore, usa), sebuah foto gunung tangkuban perahu saat menjelang matahari terbit, jauh lebih indah ketimbang cover buku yang diterbitkan oleh gramedia +P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar