Kamis, 30 Desember 2010

menuju jawa tengah

foto sendang sono koleksi www.sendangsono.info

sendang sono
dengan hati sedikit cemas karena akan tur jawa
tengah untuk yang pertama kalinya, gw berangkat dari bungurasih jumat 24 desember 2010 jam 11 malam dengan bis ekonomi dan tiba di terminal giwangan-yogyakarta keesokan harinya jam 6 pagi. langsung naik mini bus ke arah wates, turun di terminal sentolo, nah gw udah berada di kabupaten kulon progo, jawa tengah! lanjut naik mini bus jurusan magelang dan turun di depan balai desa banjaroya dan terlihat petunjuk jalan bertuliskan sendang sono 5 km! tidak terlihat ojek atau angkot disana, akhirnya gw jalan kaki aja, mampir bentar ke rumah seorang ibu yang menjual nasi rames, sarapan enak murah meriah hanya 3500rupiah. beberapa petani yang juga sarapan disana memberikan semangat karena gw akan berjalan kaki ke gereja promasan dan sendang sono!
wuahh ternyata capek banget, ini jalan kaki yang paling jauh dan dengan medan yang paling berat, jalan menanjak, berliku, berbatu, tapi view-nya oke banget, bukit-bukit dengan banyak pohon kelapa! gw istirahat sebentar saat sampai di gereja promasan sambil menanyakan ke petugas gereja tentang jadwal misa. kemudian lanjut ke sendang sono melewati jalur jalan salib, sangat menarik, gw berhenti di tiap stasi sambil mengagumi pemandangan diatas bukit!
akhirnya sampai juga di gerbang masuk sendang sono, lumayan banyak toko dan stand yang menjual barang-barang rohani agama katolik sepanjang pintu pintu masuk. wahh memang bagus banget sendang sono, arsitekturnya unik dan juga memperhatikan detail seperti tangga yang sangat banyak jumlahnya dan bermacam-macam bentuknya ditambah lokasinya diatas bukit! karena backpack gw cukup berat karena gw bawa bantal untuk tidur di bis, gw nyari penginapan terlebih dulu untuk istirahat dan menaruh bawaan, capek banget abis jalan 5km. ternyata satu-satunya penginapan posisinya di belakang gua maria, namanya "gubug ibu kita", tentu saja penginapannya bukan gubug tapi standard hostel yang penting bersih dan nyaman! yang unik biaya penginapannya sukarela, pemilik penginapan--pak louis memang berhati mulia! akhirnya gw bisa melepaskan lelah, tidur siang 2 jam! setelah mandi, siap menjelajahi sendang sono.
sendang sono terdiri dari kapel, makam para katekis dan misionaris, jalan salib, 4 pendopo, sumber mata air yang dianggap sebagai air suci, dan tentu saja gua maria! nyaman sekali disana, pohon rindang dan banyak tempat untuk duduk-duduk, udara yang sejuk, suasana damai meskipun banyak pengunjung, pas sekali untuk membaca! saat malam menjelang, perhatian terpusat pada gua maria yang terang karena cahaya lilin, gw berdoa di depan gua, tentu saja doa ke tuhan yesus bukan bunda maria, gw hanya percaya pada tuhan yesus bukan bunda maria! jam 7 malam gw kembali ke penginapan memutuskan untuk tidur, udara makin dingin, gw cukup lapar tapi malas makan!
bangun jam 5 pagi dan mandi! siap ikut misa
minggu pagi jam 06.30, pamit dengan penjaga penginapan dan memberikan biaya penginapan sukarela! jalan kaki ke gereja promasan bersama beberapa penduduk lokal yang juga ikut misa, baru kali ini gw ke gereja di desa, banyak orang tua yang tidak memakai alas kaki, dan banyak juga yang hanya memakai sendal jepit. menurut gw misa tidak berlangsung dengan penuh hikmat bisa dibilang santai, pastur sangat dekat dengan jemaat, khotbahnya tentang bahaya televisi sangat membumi. misa selama 2 jam cukup menyenangkan! lucky me, seorang jemaat memberikan tumpangan sampai ke depan balai desa, disana gw sarapan singkong goreng dan teh panas sambil menunggu bis jurusan magelang.

muntilan-magelang-ambarawa
untuk ke semarang harus ke magelang dulu, gw naik
bis mini jurusan magelang, ternyata bis hanya sampai terminal muntilan, harus oper angkot ke magelang. tentang muntilan, wilayah ini sangat mooi-indie, pemandangan gunung, sawah, dan pohon kelapa! bekas-bekas bencana gunung merapi sudah tidak tampak lagi, hanya masih banyak posko tim relawan untuk penanganan pasca-bencana.
perjalanan dari muntilan ke magelang cukup macet karena ada pelebaran jalan, setelah sampai di terminal tidar-magelang, gw naik bis jurusan semarang. kota magelang cukup indah karena berada di bawah kaki gunung dan kotanya juga cukup bersih! lepas dari magelang masuk ke temenggung dengan wilayah hutan dan bukit, perjalanan menuju ke semarang memang indah! memasuki ambarawa tambah indah, di kota ambarawa gw bisa melihat gunung yang dikelilingi rawa-rawa, bagus banget, meskipun cukup bete macet total karena ada pasar sapi! memasuki kabupaten semarang tetap dihiasi bukit-bukit, daerah bandungan dan ungaran terlihat seperti kota batu, menyenangkan! akhirnya tiba di kota semarang! gw turun di terminal banyumanik dan galih menjemput dengan sepeda motor!

semarang
terimakasih kepada facebook! galih teman fb gw,
dia ngajakin gw untuk berkunjung ke semarang dan kebetulan gw ke sendang sono sekalian gw ke semarang! tujuan pertama adalah makan siang, gw kelaparan! galih milih makan di warteg, wah berarti warteg ada di jakarta, bandung, dan semarang! di surabaya gak ada warteg! dan warteg di semarang juga buka 24 jam! selanjutnya kita ke markas hysteria, gw cukup mengikuti perkembangan hysteria, mereka salah satu komunitas alternatif di semarang yang konsisten sudah bergerak selama 6 tahun. dan yang seru alamat kontrakannya jl stonen no 29, hehe stonen kayak a stone a! disana ada purna sang project officer, ngobrol seru tanpa henti dengan galih dan purna, mereka teman baru yang menyenangkan!
galih dan bejo sedang mempersiapkan pameran toys bertajuk play-on (pameran mainan tradisional) di grobak a(r)t kost--hysteria's art space, galih--mahasiswa design unnes (universitas negeri semarang)--bersama beberapa temannya membuat suatu komunitas seni rupa bernama karamba art movement, dan play-on adalah project ke-2 karamba. jujur gw baru liat karyanya galih, mural di tembok belakang kontrakan hysteria, dan bagus muralnya! view di belakang kontrakan hysteria juga oke, rumah-rumah di bukit! secara awam, semarang terbagi dua, semarang atas dan semarang bawah. semarang bawah merupakan wilayah pesisir dekat dengan pelabuhan tanjung mas, semarang atas adalah daerah perbukitan.
galih membeli bir (menghormati gw yang udah gak minum liquor lagi), tapi si bejo dan purna menyarankan untuk beli cong-yang, minuman lokal yang menurut mereka terbaik diantara minuman lokal seluruh jawa! akhirnya kita beli 2 botol cong-yang ukuran 330ml seharga 40ribu per botol, anjir nih minuman lokal termahal! tapi rasa dan efeknya sesuai harga, enak kayak intisari campur arak bali dan bisa langsung ngangkat! hehe seperti biasa gw melanggar janji gw sendiri untuk tidak mengkonsumsi liquor, gw incip dikit cong-yang! cong-yang adalah nickname untuk minuman keras dengan merek cap tiga orang! gw akuin ini minuman lokal yang paling sip yang pernah gw konsumsi!
gw bermalam di kostnya kiss--teman galih, di
daerah kampus unnes, view di wilayah kampus cukup oke, citylight of semarang! makasih banyak atas keramahan kiss, gw tidur nyenyak dan pagi nya kita jalan-jalan ke kampus unnes, kampus yang asri karena banyak banget pohonnya! kiss masak sayur asem dan tempe goreng untuk brunch, galih juga ikutan makan, gw pamitan ke kiss dan menuju semarang bawah bersama galih.
hari ini senin 27 desember 2010, gw dan galih
akan keliling semarang. gw semangat banget, ini pertama kalinya gw keliling semarang, tahun 2008 lalu gw hanya mampir ke semarang untuk melihat superpunk-rock tour! dibawah ini tempat-tempat yang kami kunjungi :

klenteng agung sam poo kong
lokasi :
jl.simongan no. 129, kelurahan bongsari, semarang selatan
dengan biaya masuk 3000rupiah kita bisa memasuki halaman klenteng, kalo mau masuk klenteng bayar lagi 20000ribu, wuahhh mahal! kita cuma masuk pelataran saja, luas banget komplek klenteng-nya, ini klenteng terbesar yang pernah gw liat, ada 3 ruang ibadah, dan ruang-ruang lainnya yang gw gak tau fungsinya, tidak ada guide dan tidak ada informasinya juga! tentu saja arsitektur yang khas menjadai daya tarik wisatawan, detail ornamen yang menarik dengan warna yang mencolok, dan relief yang memukau! disana juga ada altar dan makam anak buah laksamana cheng hoo saat di jawa!

taman budaya raden saleh
lokasi : jl. sriwijaya, semarang
secara fisik tidak sebagus taman budaya
yogyakarta atau taman budaya jawa tengah, tapi lebih bagus ketimbang taman budaya cak durasim (surabaya). taman budaya raden saleh memiliki 2 gedung pertunjukkan indoor, 3 pendopo, dan ruang hijau yang cukup luas, di sepanjang tembok terdapat karya mural oleh komunitas 12pm. 23 desember lalu berlangsung pembukaan a[rt]sem (permainan kata dari art semarang, sebuah pameran seni visual) di taman budaya raden saleh. a[rt]sem diselenggarakan di 8 venue yaitu taman budaya raden saleh, hotel dafam, waterblaster graha candi golf club, merby centre, galeri semarang, bu atie gallery, grobak a(r)t kost, widya mitra

merby centre
lokasi : jl. mataram 653 semarang
merby adalah lembaga pendidikan seni untuk
anak-anak dan manula, disana juga ada toko souvenir khas jawa tengah. merby adalah salah satu tempat penyelenggaraan artsem, ada karya bejo dan isrol disana! ruang pamer di merby seperti balkon, nyaman!

pecinan
lokasi : jl. kranggan
pecinan di semarang lebih hidup ketimbang di
jakarta dan surabaya (project kya-kya hanya bertahan sebentar saja), yah memang tetap tidak seperti layaknya china town diluar negeri yang hidup siang-malam. kata purna disana masih ada pertunjukkan wayang potehi! seperti pecinan pada umumnya ada gerbang khas pecinan, klenteng, toko-toko milik etnis tionghoa, dan warung-warung kecil dimana para orangtua (etnis tionghoa) berkumpul.

masjid agung jawa tengah
lokasi : jl. gajah raya, kelurahan sambirejo, kecamatan gayamsari, semarang

dari kejauhan, menara masjid agung jawa tengah sudah terlihat dan memang komplek masjid tersebut gede banget sekitar 10 hektar, komplek terdiri dari menara, masjid, penginapan, gedung perkantoran, perpustakaan, auditorium, museum, toko souvenir, dan food court. pelataran masjid juga sangat luas yang dilengkapai 6 payung raksasa, bisa menampung ribuan jamaah! komplek mesjid ini memiliki arsitektur gado-gado, malah jadinya tidak oke, tidak selaras, menara dengan gaya eropa barat, gerbang mesjid dengan gaya yunani, dan masjid dengan gaya arab-jawa, menurut galih, masjid-nya paling oke dengan arsitektur arab dan jawa yang selaras, sayang gw gak bisa masuk masjid karena gw pake celana pendek! dari menara kita bisa melihat kota semarang secara utuh, banyak wisatawan ke menara untuk mencoba restoran yang bisa berputar 360 derajat dan melihat semarang dari atas!

kota lama
lokasi : jl.ronggowarsito, jl. agus salim, jl mpu tantular

di era penjajahan belanda (abad 18), kota lama ini adalah pusat perdagangan karena lokasinya paling dekat dengan pelabuhan tanjung mas, sama dengan kota lama di surabaya yang berada di sekitar pelabuhan kalimas. tapi kota lama di semarang masih lebih terawat dan masih difungsikan dibandingkan kota lama surabaya. dan memang kota lama semarang sangat terkenal menjadi tujuan wisata. disana kita melewati polder tawang, semacam kolam besar tempat penampungan air, kondisinya masih terawat dengan pilar-pilar yang indah! kami berhenti di gereja blenduk yang sering menjadi ikon kota lama semarang karena keunikan kubahnya. gereja blenduk adalah gereja kristen gpib imanuel, sama dengan gpib imanuel yang di jakarta, keduanya indah! yang di surabaya malah biasa-biasa aja! keunikan lainnya adalah adanya lampu-lampu jalan khas eropa barat, wuahh indahnya kota lama semarang!

galeri semarang
lokasi : jl. taman sri gunting no 5-6 semarang
galeri semarang berlokasi di kota lama, dengan
bangunan khas kolonial bernama asli "peek house", galeri ini salah satu galeri kontemporer yang representatif dan mewah, ditambah struktur bangunan yang memang sudah oke banget! lucky me, di sana masih berlangsung (diperpanjang) pameran tunggal khrisna murti yang bertajuk mediatopia, menampilkan karya video dan printing-nya produksi tahun 1993-2010. ini kesempatan pertama gw menikmati langsung karya-nya, semuanya bagus! hhehe fave gw yang juga fave banyak pengunjung adalah video art yang menampilkan deburan ombak di atas pasir, dimana projector diarahkan dari atas dan menembak "pasir" yang dibuat dari tepung terigu.

kami melewati pasar johar, semacam pasar induk, tentu saja sangat ramai disana tapi tidak sampai membuat kemacetan (sama kayak di surabaya, semarang tidak ada macet), kami juga melewati kampung arab yang berada di jalan kauman, disana ada masjid agung semarang, tidak jauh berbeda dengan kawasan ampel di surabaya! kami juga jalan ke pusat kota, melewati mall terbesar di semarang yaitu paragon, melewati balai kota semarang dengan bangunan kolonial yang sangat besar, ini balai kota yang paling besar dan paling bagus dibandingkan balai kota yang pernah gw liat di kota lain. masih di pusat kota, kami melewati lawang sewu yang sangat fenomenal! gedung lawang sewu sedang direnovasi dan rencananya akan dijadikan sebagai pusat perkeretaapian, rencana yang tepat memfungsikan kembali bangunan bersejarah! kami juga melewati monumen tugumuda, monumen yang memperingati peristiwa sejarah pertempuran lima hari di semarang. terakhir adalah simpang lima, suatu ruang publik terbuka hijau, dulu jadi pusat awul-awul (pakaian bekas) dan tempat nongkrong pastinya, tapi sekarang sepi, hanya ramai saat ada event. oh iya, gw juga melihat maskot kota semarang yang unik namanya warak ngendhok, suatu karakter biantang imajiner yang menggambarkan asimilasi di kota semarang dari tiga kebudayaan, cina, jawa, dan arab! binatang imajiner itu memiliki kepala naga (kebudayaan cina), berbadan bouraq (kebudayaan arab) dan berkaki kambing (kebudayaan jawa), sumpah nih maskot keren banget! sebagai penutup tur kami makan lontong tahu gimbal khas semarang! yummy!

kami kembali ke hysteria, galih dkk mempersiapkan ruang display untuk play-on. rencananya gw balik ke surabaya jam 6 sore, tapi karena hujan deras baru jam 9 malem gw ke terminal terboyo, untung langsung dapat bis! yeah, gw emang sangat beruntung dalam tur jawa tengah ini, dianugrahi keberanian dan teman! sangat berterimakasih kepada galih pratama yang membuat semuanya jadi mungkin!