Jumat, 31 Desember 2010

liburan natal di surabaya


selasa, 28 desember 2010
setelah melakukan tur jawa tengah dan nyampe di terminal bungurasih dengan bahagia jam 4 pagi, gw semangat untuk menghabiskan hari terakhir liburan natal gw di surabaya! nyampe di kost jam 5 pagi, online dulu, trus mandi dan jam 7 pagi berangkat ke house of sampoerna (hos) bersama wiktor, yeah kami akan ikut surabaya heritage track edisi natal. sampai di hos kami ke art gallery, disana sedang berlangsung pameran 2 pelukis asal yogyakarta, kinkin dan sumadi. kinkin menampilkan gambar realis dengan obyek wanita muda yang cantik dan seksi dengan sentuhan cat air, sedangkan sumadi dengan media arcylic on canvas menampilkan kehidupan seorang ibu muda dan bayinya dalam bentuk karikatur, wiktor sangat menyukai karya kinkin, gw malah lebih suka sumadi!

lucky us, kita dapat ticket untuk track natal karena untuk track natal sudah full booked dan ternyata beberapa orang yang sudah reservasi tidak datang! tur dimulai tepat jam 9 pagi. melewati kawasan kota lama surabaya dan pemberhentian pertama adalah kantor pos kebonrojo. wuahh fave gw, kantor pos! kantor pos kebonrojo dibangun bersamaan dengan pembangunan jalan raya pos, bangunannya memiliki kerangka atap yang unik dan pilar yang megah, oleh petugas kantor pos kami diajak berkeliling kantor mulai dari lobby sampai bunker tempat pensortiran surat! ternyata di cap pos selain tercantum nama kota dan tanggal juga ada jam!

tur dilanjutkan ke gereja kepanjen yang posisinya bersebelahan dengan kantor pos, tour guide kami menjelaskan sejarah berdirinya gereja katolik tersebut, gerejanya kayak puri di dunia kayangan hehhe dan uniknya bentuk ruang ibadahnya adalah salib, keren banget! gereja yang dibangun oleh pemerintah belanda ini hancur saat pertempuran 10 november 1945 dan direnovasi pada tahun 1950! gereja kepanjen menjadi salah satu gereja tertua di indonesia!

selanjutnya adalah gedung ptpn xi, yeah nih gedung kolonial keren dan mewah! gw sangat beruntung bisa ikut tur ini! ngiri dengan pegawai ptpn yang berkantor di gedung yang sangat indah dan terawat ini! tur selama 1.5jam sangat memuaskan! setelah kembali ke hos, kami ke koperasi ptpn yang berada di jalan rajawali, gw beli teh, wiktor beli kopi untuk oleh-oleh. kami makan siang lontong balap rajawali, gw sih suka, tapi wiktor tidak suka, katanya itu makanan vegetarian!

selanjutnya kami ke kawasan ampel, melewati jalan panggung (salah satu jalan yang unik di surabaya), jalan kembang jepun, dan jalan sasak. pas nyampe di depan masjid ampel, gw gak masuk karena lagi-lagi pake celana pendek, wiktor pengen masuk, akhirnya dia sendirian ke ruang informasi dan keluar dari ruang itu pake sarung dan masuk masjid (hehe dasar bule). keluar masjid, kita ke toko sarung, di toko yang kita datangi sedang berkumpul pria-pria tua keturunan arab, mereka cukup heran kedatangan kami, wiktor pengen beli sarung, akhirnya setelah ngobrol dengan pemilik toko dan pria-pria arab disana, mereka menyarankan sarung merek atlas warna merah dengan motif klasik harganya 65ribu!

tujuan selanjutnya adalah cccl, gw pengen liat pameran maria goretti, kami naik angkot menuju cccl, ternyata cccl tutup sampai 4 januari 2011, kita lanjut ke taman bungkul untuk istirahat setelah cukup capek keliling kota lama surabaya! karena ada toko unkl347 dan ouval research deket taman, wiktor pengen kesana, dan dia belanja banyak, dia malah nanya toko lainnya, akhirnya kita naik angkot menuju sma komplek, ke badger, glamrock, dan ore, dan dia juga belanja banyak!

kita lanjut jalan kaki ke pasar gubeng masjid, beli pisang! rencananya kita mau masak pisang goreng di flat-nya wiktor, setelah itu naik taxi ke cosmopolis. setelah mengucapkan selamat natal ke daniel, acara masak dimulai, saat digoreng terlihat indah, tapi pas dimakan rasanya tidak terlalu sip meskipun udah pake topping coklat! yah setidaknya cukup layak untuk makan malam ditambah dengan minum green tea! akhirnya liburan natal tahun 2010 selesai malam ini! haleluya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar