Rabu, 24 November 2010

selanjutnya wisata makam!

jalan panggung tahun 1920-an

menikmati 4 hari libur (20-23 november 2010)
di surabaya!

hari pertama
bangun jam 5 pagi! pagi ini adel dan ryan ke
surabaya, adel ada tes kesehatan di daerah darmahusada. gw udah nyampe stasiun gubeng jam setengah 6, ternyata jam kedatangan mundur sampe setengah 7. hehe akhirnya ketemu mereka, adel mandi di toilet umum, dan kita naik taxi ke darmahusada. sementara adel tes kesehatan, gw dan ryan jalan-jalan ke kampus b unair, kita sarapan nasi pecel, ngobrol-ngobrol soal pameran postcard sahabat, kerjaan, dan faris menyusul gabung sama kita. jam 11 adel telepon, dia udah selesai, kita jemput adel dan mereka kembali ke solo naik bis. gw balik ke kost, tidur bentar abis itu cabut ke c2o! sore ini, c2o bersama std (surabaya tempo dulu) memutar film jalan raya pos (narasi oleh pramoedya ananta toer, disutradarai oleh bernie ijdis, diproduksi oleh pieter van huystee film&tv nederland, 1996)--sebuah film dokumenter mengenai keadaan jalan raya pos (jalur pantura) sekitar tahun 1996, seru banget melihat kejadian-kejadian sepanjang jalan raya pos dan kesaksian oleh pram mengenai orde baru!

hari kedua
bangun siang dan mencuci baju! masak pasta
untuk makan siang! bermalas-malasan sambil membaca mahabharata-c.rajagopalachari! menjelang malam, mandi, dan siap berangkat ke the house sama szymon, wiktor, dan lena menikmati homogenic dengan vokalis baru, mereka selalu tampil bagus! sebelum homogenic main, gw mengungkapkan perasaan gw ke seseorang, dan rasanya jadi aneh tapi lega +P...after show, gw dan wiktor beli bir di ck (di the house mahal, segelas bir harganya 40ribu!) dan kita menghabiskan malam di taman apsari.

hari ketiga
bangun pagi, sarapan roti coklat dan teh
panas! siap berangkat ke tanjung perak! naik bis patas ac ke terminal ujung dan naik kapal nyebrang ke madura dengan harga tiket kapal 3700rupiah! wah ternyata jauh lebih menyenangkan ke madura naik kapal ketimbang lewat jembatan suramadu, pemandangannya lebih keren! di sisi kiri gw liat gedung administrasi pelabuhan yang unik dan kapal-kapal pengangkut barang, sisi kanan ada patung monjaya-jalasveva jayamahe, kapal perang milik tni-al, dan jembatan suramadu! di depan, gw liat pulau madura yang rindang, banyak pohonnya, juga ada kampung nelayan di samping pelabuhan kamal. setelah kembali ke pelabuhan tanjung perak, gw ke house of sampoerna, benny wicaksono dan nani designani ikutan pameran multimedia dalam rangka hari pahlawan! sayang hari senin surabaya heritage track libur! menjelang sore lanjut ke c20 library, sekitar jam 4 gw, ajeng, dan kat ke grha wismilak, ada pameran foto dan diskusi wadjah lama soerabaia 1890-1940. grha wismilak bekas gedung kepolisian istimewa, dan bagus banget gedungnya! pamerannya juga asik, surabaya tempo dulu emang bagus banget, kota paling indah dan paling sibuk di indonesia! diskusi selama hampir 2 jam juga menarik dengan isu heritage yang masih belum banyak mendapatkan perhatian pemerintah dan masyarakat surabaya. kita balik lagi ke c2o, meeting sama andre dan ari, besok rabu bakal ada workshop ekonomi kreatif di its.

hari keempat
bangun pagi dan bermalas-malasan di tempat
tidur sambil baca mahabharata, sarapan roti coklat dan teh panas! menjelang siang masak pasta untuk makan siang, mandi, dan mampir ke kampus ketemu sama wiktor! naik angkot O menuju jmp! turun di jmp, jalan kaki melewati jembatan merah dan belok kiri melewati jalan panggung, wahh keren banget nih gang-nya, di pertigaan jalan panggung ada hal yang bikin gw kaget, ada pasar ikan pabean! wah penampilan yang segar-- ikan, udang, lobster, kerang! lanjut ke jalan sasak dan masuk ke kawasan mesjid ampel. akhirnya kesampean juga gw ke ampel, sebelum masuk masjid, gw ngelewatin pasar yang wangi dan rapih, mereka menjual souvenir dan makanan khas arab, gw ngak masuk ke mesjid, gak bawa kerudung soalnya. lanjut ke jalan kh mas mansyur, jalan kembang jepun, jalan karet, jalan jembatan merah, dan menuju stasiun kota! stasiun kota unik banget karena ujung peron-nya adalah tempat menunggu penumpang dan stasiun kota adalah bangunan cagar budaya! puas jalan kaki keliling kampung arab dan cina, gw balik ke kost naik angkot O, dalam perjalanan pulang, angkot ngelewati makam peneleh, wah keren banget makamnya! bulan desember besok adalah wisata makam!

*foto jalan panggung gw comot dari google image