Jumat, 12 November 2010

selamat datang di surabaya!


selamat datang di surabaya! dua tahun terakhir ini mulai kedatangan teman-teman dari luar kota, mulai dari tugas dari kantor, studi banding, pameran seni rupa, tur, sampe yang liburan! lima tahun pertama saya tinggal di surabaya, saya tidak menyukai kota ini, mulai dari infrastruktur yang minim, kampus negeri yang payah, banyak orang-orang fundamentalis, scene musik yang datar, sampai cuaca yang sangat panas. tahun-tahun selanjutnya mulai menggairahkan, berteman dengan manusia-manusia yang mempunyai minat dan bakat dalam seni, bikin pertunjukkan musik secara kolektif, jadi member c2o library, dan menikmati berjalan kaki di surabaya! kesenangan ini saya share ke teman-teman luar kota, mengajak mereka untuk menikmati "panas" nya surabaya. sejauh ini spot yang wajib dinikmati di surabaya :
1.dolly, lokalisasi yang konon kabarnya terbesar di asia tenggara.
2.c2o library, perpustakaan yang menyediakan lebih dari 4000 buku dan 900 film yang bermutu!

3.cccl, lembaga kebudayaan Prancis, salah satu venue yang paling oke : kebun belakang cccl!
4.taman bungkul, taman kota favorit warga surabaya, selain ada makam kyai bungkul, juga ada skatepark dan ruang pertunjukkan terbuka!
5.tp5, pusat awul-awul di sekitar tugu pahlawan, barang bagus harga murah!!!

6.house of sampoerna, kita bisa ikutan tur gratis keliling bangunan-bangunan bersejarah di surabaya make bis tur yang keren!

7.synagogue, lokasinya di jalan kayoon, satu-satunya di Indonesia!

8.museum kesehatan, lokasi di jl indrapura, bagian favorit adalah display alat non-medis dan alat pengobatan tradisional!

9.makam kembang kuning
10.suramadu, jembatan yang menghubungkan surabaya dengan pulau madura ini cukup oke arsitekturnya!

11.pura segara, lokasi di komplek tni-al kenjeran, bangun pagi di hari minggu untuk merasakan segarnya tirta suci, makan nasi lawar dan sate babi sambil mendengar alunan gamelan bali! cihuy banget!

dan saya yakin akan makin bertambah tempat seru lainnya!

*foto synagogue oleh prinka saraswati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar