Jumat, 29 Oktober 2010

sindikat pasar gelap



SINDIKAT PASAR GELAP
venue : galeri surabaya, komplek balai pemuda
date : 22-23 oktober 2010

kamis malam, gw, bagong, alfan, bagus jemput anak-anak solo di stasiun gubeng, ternyata keretanya telat banget, mereka baru nyampe jam 1 pagi. akhirnya ketemu lagi sama dila, pakdeath, shiro, soni, bowo, dan towi! kita ke balai pemuda, makan nasi goreng di taman apsari, gw dan dila balik ke kost, sisanya pada tidur di galeri.

jumat pagi, gw kebangun karena angkuy telepon ngabarin anak-anak bottlesmoker udah mendarat di surabaya. gw nganterin dila ke galeri, gw lanjut ke kantor, dan siangnya dila sms ada demo di dprd, anak-anak solo diajak kang semute ikutan demo karena pihak upt balai pemuda mencopot banner pameran sindikat pasar gelap dengan alasan tidak adanya ijin resmi dari pemerintah kota mengenai penggunaan galeri surabaya! yang lucu pakdeath didaulat untuk performance art dan shiro menempelkan stikernya ke mobil mewah salah satu anggota dprd. akibatnya sindikat pasar gelap cuma bisa diselenggarakan 2 hari (rencana awal adalah 3 hari). yah ginilah nasib seniman di surabaya, dinilai merugikan pemerintah!

jumat malam, pulang ngantor gw langsung ke ore, alex cs bikin
pesta penyambutan buat bottlesmoker, cukup rame disana tapi bottlesmoker baru dateng jam 1 pagi karena jadwal check sound yang molor di stadion tambaksari! dan mereka juga batal main karena semua alat berada di mobil yang beda, yah setidaknya bisa berjumpa lagi dengan angkuy, nobie, dan juliuz mengenang 2 tahun lalu kita terdampar di ore karena ketinggalan kereta ke bandung +P dila cs nyusul ke ore, akhirnya jam 3 pagi gw balik ke kost dan tidurrrrrrr
sabtu siang, gw dan dila ke tempat pameran, wahh karyanya
anak-anak seru banget, semuanya gw suka, komiknya kuro, nuchan, kang semute, bagus, jwy, nurify, bagong vs alfan, toro elmar, dan alter ego! tugitu unite dan sugenk juga buka stand! wuahh salut sama karya mereka! gw dikasih "obat galau dikala senja" karya kolaborasi dila dan adel, hehe oke juga mereka, adel bikin cerita, dila bikin ilustrasi.

sabtu sore, gw cabut ke c2o, ada acara launcing buku only a
girl (lupa nama pengarangnya, cewek tionghoa kelahiran indonesia yang menetap di amerika serikat), seru launchingnya, soalnya sang penulis punya proses penulisan karya yang tidak biasa dan dia berumur 76 tahun!

jam 9 malam, gw balik ke balai pemuda, reza garasi 337 bikin pertunjukkan musik di dalam galeri surabaya, ketemu eko cahyono, sudaah lama kami tidak berjumpa hehhe...gw masuk ke dalam galeri, cukup ramai untuk perhelatan musik punk, sempat terjadi cekcok di area moshpit, gw memilih keluar ngobrol sama teman-teman. sempet ngobrol bentar sama reza dan tiba-tiba sekelompok orang berkostum bonek membawa kayu, mendorong reza dan menerobos masuk galeri dan mulai memukuli semua orang yang ada di dalam, dan di dalam ada jwy, yogie, iyan, dan gw liat doddy berantem sama bonek, wahh riottttt, gw kabur menyelamatkan diri ke gedung sebelah bersama anak-anak lain. sekitar 20 menit kemudian mungkin polisi datang karena sound system dan alat sudah diangkut, para bonek sudah menghilang, kaca depan mobil agra hancur, beberapa motor rusak, dan banyak helm yang rusak, untung anak-anak selamat, hanya iyan dan kuro yang kena pukul, tapi tetep aja gw dan anak-anak masih shock, dan ini kedua kalinya kejadian kita terperangkap dalam chaos (bulan februari lalu, gw dan anak-anak mulyakarya terjebak dalam tawuran antar-geng di depan sinar supermarket).

setelah semuanya tenang, sekitar jam 12 malam, anak-anak ke
garasi, anak-anak tugitu kembali ke solo, gw balik ke kost, weeeh penutupan pameran yang tragis, gw belum tanya kabar terakhir ke kang semute dan kuro.

*foto oleh tubagus riski darmawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar