Senin, 20 September 2010

ilmu festival



19 SEPTEMBER 2010
jam 6 pagi dengan kereta Pasundan yang penuh karena
arus balik, gw menuju YK untuk menikmati Ilmu Festival, festival musik hiphop dan elektronik Indonesia dan Australia yang berlangsung 19-20 September 2010 di JNM. sebenernya gw nekat ke YK karena kondisi keuangan gw tipis banget dan ini masih arus balik, transportasi antarprovinsi pasti penuh! setiba di YK, gw jalan-jalan sendirian ke Benteng Venderburg dan kantor pos, lanjut ke HONF menumpang mandi disana. sepi di HONF, hanya ada ira, imoht, dan magdalena, yang lainnya masih liburan lebaran. ira dan magdalena juga akan ke JNM, tapi sebelumnya mereka akan mengadiri presentasi karya di Cemeti, gw pengen juga ke Cemeti tapi karena gw pengen liat acara dari awal jadi gw langsung ke JNM.
dari Baciro gw naik transjogja ke JNM, anjir lama banget nunggu bisnya, akhirnya gw telat datang dan Ilmu Hiphop sudah dimulai dan gw melewatkan penampilan Jalan Surabaya, padahal tujuan utama gw ke YK adalah melihat mereka, Jalan Surabaya tampil pertama! gw datang pas performer ke-2, Nova Ruth, MC cewek dengan lirik sosial-politik, cukup menarik! performer ke 3 Tawazun, gw lupa kayak gimana mereka, hahha gw skip +P, lanjut ke Urthboy dan Ozi Batla, mereka menarik perhatian gw karena mereka berasal dari label Elefant Traks, salah satu personel memakai MPC dan meremix lagu Sweet Dreams (Are Made of These)-nya
Annie Lennox (nih lagu gw nyanyiin sama anak2 pas karaokean jumat malam yihaa semangat banget gw liat penampilan mereka). sebagai pamungkas adalah Jogja Hiphop Foundation, crowd pun menggila dan sing along sepanjang set, rame banget audience-nya, dari anak kecil sampe orang tua dan tentu saja banyak yang berkostum hiphop. andhika mampir bentar ke venue ngasih Colour Today dan kita kembaran pake kaosnya To Die +P
selepas gig, gw berkenalan dengan Rifki, MC dari Jalan Surabaya, ternyata DJ Rencong dan Unkle Ho juga personel dari Jalan Surabaya, wew!. gw juga kenalan dengan beberapa artis yang sedang residensi di YK, salah satunya rani, dia temannya benny, dia pernah tinggal setahun di SBY, dan dia bilang itu adalah masa terburuknya karena tidak ada seni di SBY, sekarang rani sedang residensi di Kersan art studio. gw bersama al pulang ke rumah ira, kami menginap disana.

20 SEPTEMBER 2010
gw bangun jam 11 siang, tapi masih berasa kurang
tidur heheh. ira dan magdalena udah cabut dari jam 9, al dan imoht masih tidur, jam 2 siang setelah semuanya sadar, al nganterin gw ke JNM, dia lanjut ke Selatan, sementara gw ikutan workshop. yah meskipun gw gak bisa bikin musik seru juga ikutan workshop produksi musik elektronik dan turntablism, mengetahui hardware dan software yang dipake, dan proses berkarya.
pertunjukkan dimulai ontime jam 7 malam, belum banyak yang datang, dimulai oleh Roda-roda System, dilanjutkan oleh Mystical dengan sound dance 80-an. crowd mulai banyak, dan Sigit Digie dengan hc electro berlirik sosialis tampil cukup membuat kaget hehhe, lanjut Midijunkie yang sudah sangat dikenal, selanjutnya Unkle Ho dengan sound oriental, berganti dengan Pink Cobra dibantu Ican Harem pada vokal, dan Ican sangat menghibur audience. yang dinantikan, Hermitude, mereka memakai turntable, synthyzer, dan WCP, wah sangat oke-lah mereka . Danger Dope (DJ Rencong) tampil sebagai penutup dan pertunjukkan berakhir jam 1 pagi, performer dan audience semuanya puas, gw puass! andhika nganterin gw ke Giwangan dan saatnya kembali ke Surabaya!

*terimakasih buat novi rusmia atas pinjeman kemeja-nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar