Sabtu, 14 Agustus 2010

CELLSBUTTON#04 - INVISIBLE CELLS Yogyakarta International Media Art Festival

Jumat, 6 Agustus 2010

Saya memutuskan ke YK malam hari dengan bis ekonomi Sumber Kencono, berharap bisa tidur dalam perjalanan ternyata tidak, kecepatan sang bis membuat saya terjaga! Tiba di Giwangan jam 6 pagi, naik busway ke Malioboro mencari sarapan nasi gudeg. Tidak lupa ke kantor pos mengirimkan beberapa kartu pos. Tujuan selanjutnya adalah Museum Affandi. Saya penasaran tiap kali lewat Jl Solo, melihat dari luar keunikan arsitektur bangunan museum tersebut. Ternyata HTM 20ribu include soft drink, cukup mahal, tapi tidak juga karena museum-nya oke banget! Ada 3 galeri disana, Galeri 1 memamerkan karya lukisan, patung, sketsa, dan properti milik Affandi. Galeri 2 yang juga menampilkan karya Affandi sedang underconstruction, selanjutnya saya dihantar oleh guide museum ke galeri 3 yang memamerkan karya istri dan anak-anak Affandi dan saya sangat menikmati lukisan Kartika. Selanjutnya ke Sanggar Gajahwong, sangar seni lukis yang diasuh oleh Kartika.Beristirahat cukup lama disana, duduk-duduk dan naik ke menara, menikmati arsitektur dan bantaran Kali Gajahwong...

Mampir sebentar ke Yusuf Agency yang lokasinya bersebrangan dengan museum, membeli lagi (dan lagi) Epileptik-David B heheh.

Naik busway menuju Baciro, di HONF menemukan Venza, Ira, dan Julien yang sedang menyantap chicken soup alias soto ayam, partisipan lainnya masih terlelap di homestay karena pesta sampai pagi di Embassy. Bagi saya, cells button tahun ini berbeda karena tanpa adanya sang artist Phleg Terbujurkaku, tentu saja banyak yang kecewa karena dia absen tahun ini (termasuk saya). Tidak disangka bertemu Idhar, dia bersama Ratna (Common Room) dan Mayang (open Labs), mereka bersama Benjamin untuk ikutan cells button. Ben sebelumnya tampil di launching party album kompilasi yang berjudul “The Ostend : Emerge” di CCF Bandung.

Hari ini cells picnic ke Pantai Siung (2 jam dari kota). Kami menyewa 2 mobil yang memuat 21 orang (hehe cukup pegal duduk sempit-sempitan tapi yang penting bersenang-senang). Kami berangkat jam 7 malam, saya semobil dengan Ratna, Idhar, Togar, Maya Otos, Noi, Selina, Ben and his girlfriend, Pierre, and Julien. Ben's girlfriend terlihat tidak nyaman dengan kondisi duduk bersempit-sempitan, she sighs all the time! Sebagai bekal kami membeli 3 botol amer seharga 37ribu per botol (anjir mahal), 8 botol air mineral, snack, and thanks God Noe bought lots of fruits!  Kami mampir sejenak di Desa Hargosari Kabupaten Gunung Kidul, ada pesta rakyat disana, pertunjukkan wayang! Akhirnya sampai! disambut ribuan bintang yang menakjubkan! Rombongan langsung menuju warung makan, kita cukup kelaparan. Rombongan 2 datang, kami berkumpul di pantai dan mulai bernyanyi, Maya Otos jadi biduan utama, sayang kami tidak bawa gitar. Ternyata sangatdingin malam itu, kami tidur di pantai dan tidak bawa banyak selimut, dan saya terjaga karena kedinginan!

Sabtu, 7 Agustus 2010

Akhirnya sunrise!!! semangat lagi untuk jadi anak pantai, kami pindah ke spot lainnya yang lebih privat dan mulai berenang! jam 8 pagi, rombongan 2 harus kembali ke kota, beberapa partisipan sudah ada jadwal flight siangnya. Rombongan kami kembali ke pantai dan siap untuk makan-makan! Kami makan sangat banyak dan tagihannya hanya 64ribu, murah banget!! Kami kembali ke pantai, Maya berhasil menyewa gitar dari pemuda lokal, dan pertunjukkan dimulai! Maya, Yesas, Pierre, Julien, Aga menyanyikan lagu-lagu rakyat, ditemani bir dingin dan berbagai permainan, wahh ini baru namanya liburan, bersantai sepanjang hari di pantai! Jam 2 siang kami kembali ke kota. Kami kembali ke homestay, mandi dan siap untuk breakcore_LABS malam ini di Papillon. Andhika mampir ke homestay memberikan cerulean edisi 2, dia habis menghadiri studio gig Grind Fest di antz studio, dia tidak berminat datang ke bc_LABS karena Terbujurkaku batal main, pokoknya Phleg or die! Jam 9 malam kami menuju venue, acara akan dimulai jam10. Opet dan Helmi juga datang!

bc_Labs dibuka oleh penampilan ,,,,(ahh gw lupa namanya). Visual oleh VJ Manticore, VJ Desiree, VJ Pierre, dan mungkin VJ Christian (Hara hehe). List performer Ben, Sodadosa feat Bangkai Angsa, Noi, Rene, dan sesuatu terjadi yang sering terjadi kalo kita bikin underground gig di club komersil. Jam 12 resident DJ mengambil alih acara, bc_LABS di-cut! ahhhhhrrggg menyebalkan!! akhirnya rombongan memilih untuk makan nasi gudeg di daerah Gejayan, dan sesi curhat bersama Iyok dan Hara dibuka hehhe.Kembali ke homestay jam 4 pagi dan ada kejadian aneh lainnya, ban vespa-nya Hara copot! Venza, Julian, Ucok, dan Hara mengangkat vespa sampai HONF! sampai di homestay semua langsung terlelap dan dimulai sesi breakcore...ngorok!!!!!!

Minggu, 8 Agustus 2010

Jam 7 pagi semuanya masih ngorok, saya cabut ke Lempuyangan, saatnya kembali ke Surabaya. Ternyata Khrisna di Surabaya, dia datang ke pameran kompilasi komik Matanya Picek yang dibuat oleh X-Go di Galeri Surabaya. Jam 3 sore sampai di Gubeng dan langsung menuju Balai Pemuda. Kuro, Denda, Kang Semute, dan Maria juga ada disana! Menjelang malam saya pamit duluan, ngantuk banget heheh