Selasa, 06 Juli 2010

TOMORROW'S PARTIES

TOMORROW'S PARTIES
AN AUDIO VISUAL TEXT EXHIBITION
TRIBUTE TO THE VELVET UNDERGROUND
MUSEUM OF MIND, SURABAYA,
JUNE 19-20TH 2010


Tomorrow's Parties adalah suatu pameran sebagai bentuk rasa kagum dan salut terhadap The Velvet Underground (1965-1973), band asal New York band asal New York yang menjadi sejarah penting dalam dunia musik. Tomorrow's Parties diselenggarakan secara kolektif dengan Rachmat Dwi Septian a.k.a Kuro sebagai kurator. Karya yang dipamerkan adalah respon atas The Velvet Underground (termasuk Nico dan Andy Warhol). Format pameran ini adalah pameran audio, visual, dan teks, dimana karya audio dan video dipamerkan dengan menggunakan projector, notebook, dan headphone. Pameran ini diikuti oleh 58 artis yang berdomisili di Surabaya, Malang, Jember, Surakarta, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Bandung, Jakarta, dan Hamburg. Para partisipan adalah mereka yang mengagumi, yang tidak mengenal, dan yang tidak menyukai The Velvet Underground.

Karya sound art berupa audio file mp3 dan wav dari Tito Armando, Anggung Kuy Kay, Fix Future, Ign Ade feat Arwin Hidayat, Denda Omnivora, Macho Boy feat Pesimiscik, DJ Faris, Yogie Digital, Danny Blacky, dan Serigala Jahanam. Karya video art oleh Isha Hening, Adythia Utama, Ricky Janitra, Widhi Astana, GPKB, Novie Elisa, dan Khrisna Sahwono. Karya teks berupa tape art oleh Andi RHARHARHA, cerita pendek oleh Ari Patria, dan tipografi oleh Wok The Rock. Karya poster oleh Rangga Kuntara, Bambang Trisunu, Ican Harem, Bagus Priyo Sasmito, Kamengski, Margaretha Novianty, Denan Bagus, Roban Woods, Banonbonan, Putri Macan, Kaka, Opet vs Kungfu Ganja, Felkiza Vinanda, dan Phleg. Karya fotografi oleh Nakula, Decky Yulian, Samuel Bernard Pahala Tobing feat Dian Anggi Pratiwi, Garna Raditya. Karya instalasi oleh Agastyo Ghalis, Cantaloupe vs Stroberi, dan Tubagus Riski Darmawan Media dan teknik lainnya juga dipakai oleh para artis, seperti komik (Reshan Janotama), kanvas (Arut Syaiful Batan, Pandu Dewantara, Nurify), plaster (Akhmad Alfan Rahadi), triplek/hardboard (Isrol Triono, Ahmad Oka, Rinarso Widhi Nugroho), xerox art (Agus Soesanto), vinyl (Mufti Amenk Priyanka), laminating glossy paper (Andhika Nugraha Putra), kardus (JWY), internet (Saleh Husein), (wheat and paste) Iyan Fabian, kolase (Anisa Dilla Qolbi), mural (Mikha Suryanto feat Mira Marika Koesterini), dan Eko Cahyono memamerkan koleksi pribadinya--The Velvet Underground cd box set Peel Slowly and See.

Pembukaan pameran dimulai dengan video screening Exploding Plastic Inevitable (Andy Warhol's multimedia roadshow) dan video art para partisipan, dilanjutkan sambutan dari sang kurator, Kuro. Malam pembukaan dimeriahkan oleh pertunjukkan musik elektronik oleh Denda Omnivora, DJ Faris, Yogie Digital feat Kuro, Terbujurkaku, dan Danny Blacky. Sementara itu di teras museum, Ahmad Oka membuka stan jus pisang dan membagi-bagikan jus pisang racikannya kepada para pengunjung. Stan lapakan oleh cunt and paste juga digelar dan Garasi 337 melakukan sablonase emblem di dalam ruang pamer, suatu atraksi yang menarik, semua pengunjung mendapatkan emblem Tomorrow's Parties secara cuma-cuma.

Hari kedua pameran sekaligus penutupan pameran dimulai dengan video art screeningdari para partisipan dilanjutkan dengan presentasi karya. Dan sesi karaoke dimulai dengan menyanyikan lagu- lagu The Velvet Underground yang cukup populer seperti All Tomorrow's Parties, Sunday Morning, Venus in Furs, Sweet Jane, I'll Be Your Mirror, dan Femme Fatale. Karena para audience tidak banyak yang mengetahui lagu-lagu The Velvet Underground, karaoke beralih ke lagu-lagu Indonesia populer tahun 1990-an, dan sablonase kaos Tomorrow's Parties oleh Garasi 337 menyemarakkan penutupan pameran ini.

Terimakasih kepada para artist yang sudah menyediakan waktunya untuk berpameran
bersama dengan deadline pengumpulan karya yang sangat pendek.

Pameran ini didukung oleh Garasi 337, Samola, Audio Karbit, Ruang 109, Cunt and
Paste, Arek-arek Museum, Museum of Mind, Wastedrockers, Colour Today, dan DAB.

Foto oleh Widhi Astana
Tulisan ini dipublikasikan oleh wastedrockers
http://wastedrockers.wordpress.com/2010/06/28/tomorrows-parties-tribute-to-the-velvet-underground-an-audio-visual-text-exibition-museum-of-mind-surabaya-june-19-20th-2010/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar