Rabu, 19 Mei 2010

CHOKE


Judul: CHOKE
Penulis: CHUCK PALAHNIUK
Penerbit: Vintage (2002)


Victor Mancini, seorang pecandu sex dan pengangguran, berusaha menutupi tagihan dan biaya perawatan ibunya dengan melakukan penipuan. Victor ditemani temannya makan di restoran, dia pura-pura tersedak daging, dan pasti akan ada seseorang yang akan "menyelamatkan" dia. Pahlawan yang menyelamatkan Victor pasti akan merasa terikat untuk terus membantu Victor dan memiliki tanggung jawab atas hidup Victor. Cara menipu yang hebat!

Semenjak ibunya dirawat di care centre, dia sangat penasaran siapa ayah kandungnya. Dia menduga jawabannya ada di diary ibunya yang ditulis dengan bahasa Italia, kebetulan dokter yang merawat ibunya, dr Paige Marshall bisa menterjemahkannya! Diary menceritakan bahwa Victor adalah titisan Mesias, Jesus Christ, dia dikandung oleh Roh Kudus! Victor menjadi gila mendengarnya! Dia mengunjungi ibunya sambil membawa puding coklat, dia mencelotehkan kebingungannya sambil menyuapkan puding coklat ke mulut ibunya! Ibunya membalas celotehan Victor, dia bilang Victor bukan Jesus Christ, dia seorang yatim piatu yang dipungut olehnya! Victor tambah gila, dia terus-terusan menjejalkan puding coklat dan akhirnya sang ibu mati tersedak puding coklat! Ini adalah jamais vu, lawan kata de javu, dimana semua orang adalah asing meskipun kamu pikir kamu kenal baik mereka!

Apa yang dirasakan Victor saat menyadari semuanya?

"Feel peaceful, not happy, not sad, not anxious, not horny. I'm simplifying myself, somewhere balanced in the perfect middle between happiness and sadness."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar